Inilah Perbedaan Antara Blog Dengan Website

Inilah Perbedaan Antara Blog Dengan Website - Artikel ini saya persembahkan untuk teman-teman yang masih penasaran dengan perbedaan ataran blog dan website. Sebagian orang seperti halnya teman-teman saya yang suka datang ke rumah atau sekedar ngobrol dipinggir jalan memahami perbedaan antara blog dengan website itu dari perbedaan URL yang mereka dapatkan. Misal si "A" menemukan sebuah url dengan nama http://fadhilgalery.blogspot.com, maka dia akan mengatakan bahwa ini adalah sebuah blog. Lihat kata blogspot yang saya beri tanda tebal dan merahm, itulah yang mereka identifikasi bahwa itu adalah sebuah blog bukan website. Tapi ketika si "A" meneukan sebuah url dengan alamat www.fadhilgalery.com, maka dia akan mengatakan inilah website. Jadi, menurut pandangan mereka, yang ada embel-embel blogspot di belakangnya itulah yang dinamakan blog, kalaut tidak ada makan dikatakan website, meskipun sebenarnya itu juga adalah blog. Saya yakin, tidak hanya teman saya saja yang berpikir demikian, pasti banyak di antara anda juga ada yang berpikir demikian.

Padahal, dari kasus di atas itu adalah bukan perbedaan antara blog dengan website, melainkan perbedaan antara domain berbayar dengan domain gratisan. Apa itu domain? Domain adalah nama yang menjadi pemebada antara situs yang satu dengan yang lainnya. Domain gratisan biasanya akan ada embel-embel dibelakangnya (contoh www.aku.blogspot.com, www.aku.wordpress.com). Domain seperti ini disebut juga sub domain. Sedangkan domain berbayar maka tanpa embel-embel di belakangnya (contoh www.aku.com) atau juga bisa menggunakan domain lainnya seperti CO.ID, GO.ID, ORG, SCH.ID dan lain sebagainya. Domain-domain tersebut biasa disebut Top Level Domain.

Lalu apa perbedaan antara blog dengan website?
Sebenarnya hampir sulit membedakan antara blog dengan website. Tapi beberapa fakar web berusaha mendidentifikasi perbedaan diantara keduanya. Dalam mengidenrtifikasi perbedaan antara blog dan website, masing-masing orang akan berbeda pendapatnya. Untuk itu saya cuplik dari dua sumber saja yang mungkin bisa menjadi bahan pelajaran bagi kita.

Perbedaan Blog dan Website Menurut Wikipedia
website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Perbedaan Blog Dengan Website Menurut Yaro Starak
Yaro Starak adalah fakar website yang menulis buku berjudul Blog Profits Blueprint. Dalam bukunya beliau menjelaskan tentang perbedaan blog dengan website sebagai berikut :

1. Artikel diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan.

Hal ini merupakan warisan dari aspek jurnal / diary online untuk blog. Sebelum menjadi bentuk yang sekarang ini, blog merupakan online diary, tempat publisher memajang aktifitasnya. Dan diary, sudah barang tentu diurutkan berdasarkan urutan waktu.

2. Mudah dalam menambahkan konten baru

Pada umumnya blog memiliki “dashboard”/back-end untuk mengelola artikel yang mudah digunakan, oleh pengguna internet awam sekalipun. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.

3. Konten diupdate secara berkala

Dalam hal ini, untuk sebuah blog yang dirawat dengan baik. Hal ini membuat pengunjung selalu kembali untuk mendapatkan konten terbaru

4. Blog memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar

Hal ini memciptakan banyak perbedaan. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana.

5. Yang membuat Blog lebih dipercaya dari website biasa : Blog merupakan “percakapan”.

Yep, berkaitan dengan semua poin diatas. Blog tidak hanya sedekedar “memberikan informasi” pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.

Nah, itu adalah perbedaan antara blog dengan website yang saya ambil dari berbagai sumber. Semoga dengan publishnya artkel ini, kita semua mendapat pencerahan tentang perbedaan blog dan website.