Cara Sharing Koneksi WiFi Pada Windows 7 Dengan mHotspot

Cara Sharing Koneksi WiFi Pada Windows 7 Dengan mHotspot - Windows 7 sebenarnya sudah memiliki fitur yang berbagi koneksi WiFi atau kita kenal dengan hotspot. Fitur tersebut adalah add hoc, yang memungkinkan kita bisa berabagi pakai koneksi internet dengan mengandalkan WiFi. Hal tersebut pernah saya bahas dalam artikel yang berjudul Cara Membuat Hotspot Area Pada Windows 7

Namun sayang, fitur tersebut masih memiliki banyak kelemahan atau kekurangan sehingga kita belum bisa menggunakannya secara maksimal. Nah sebagai alternatif ada aplikasi lain bernama mHotspot yang menawarkan lebih banyak fitur seperti melihat detail bandwidth yang digunakan perangkat baik upload, download speed maupun transfer data, melihat rincian IP, nama dan Alamat Mac, mengatur berapa banyak perangkat yang boleh terhubung, tombol refresh, melihat perangkat mobile yang tersambung, dan performa yang lebih cepat.

Software mHotspot ini sangat mudah digunakan, mari kita pelajari bersama panduan lengkap bagaimana cara berbagi koneksi WiFi melalu laptop atau PC anda.
  • Klik Tombol Download Now, browser akan membawa anda ke CNet untuk mendownload aplikasi mHotspot.
Hotspot dan Koneksi Internet
  • Silakan kembali klik tombol Download Now seperti terlihat pada gambar di atas, kemudian muncul jendela pop up, klik saja Yes atau Run dan ikuti perintah instalasi yang diminta oleh system. Tunggu sampai proses instalasi selesai, untuk melakukan instalasi ini anda harus terhubung dengan internet.
Download Hotspot
  • Setelah proses instalasi selesai, jalankan aplikasi mHotspot, klik yes jika system meminta akses.
  • Klik tab Setup kemudian isi form yang ada di layar dengan nama hotspot dan password yang anda inginkan. Lihat gambar di bawah ini untuk langkah yang lebih jelas.
Setup Hotspot
  • Kemudian Klik tab Hotspot tepat di sebelah tab Setup, Klik Start dan “open network and sharing centre
Share Hotspot
  • Pada jendela network and sharing center terlihat beberapa label biru yang menunjukkan bahwa hubungan internet aktif. Biasanya akan ada beberapa pilihan seperti, PPOE connection, Local area connection, 3G-USB dan lain-lain. Klik Local Area Connection, lihat gambar di bawah ini dan perhatikan tanda panah merah.
Hotspot Windows
  • Jendela baru berikutnya menunjukkan status internet yang kita miliki, selanjutnya klik Properties. Pilih tab Sharing dan beri tanda centang pada kontak Allow other users to connect through this computer’s internet connection kemudian klik tanda panah ke bawah untuk memunculkan dropdown, dan pilih wireless network connection 2.
Wireless Hotspot
  • Selesai, lihat tampilan akhir dari koneksi WiFi yang telah aktif dan dapat menggunakan semua fitur yang ada di mHotspot sebagai panel koneksi WiFi ke perangkat lain.
Network Hotspot
Setelah proses instalasi dan setting selesai, maka sekarang perangkat WiFi bisa diakses dari perangkat lain dengan nama yang telah kita tentukan sebelumnya. Dengan aplikasi ini kita bisa membatasi perangkat lain yang mengakses WiFi kita serta bisa mematikan jaringan dengan mudah.

Referensi

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Cara Sharing Koneksi WiFi Pada Windows 7 Dengan mHotspot

Terkait Cara Sharing Koneksi WiFi Pada Windows 7 Dengan mHotspot



3 Komentar:

Tips nya kren sob, saya jd tahu cara sharing konek WiFi di windows 7. Salam sukses selalu...

@Ilmu Komputer Plus
terima kasih dan salam kenal kembali

mau nanya gan, klo saat di klik start hotspot muncul tulisan " driver problem fixed. start the hotspot again! " itu knp ya gan????

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.