Menginstal 2 System Operasi Dalam 1 Komputer

Menginstal 2 System Operasi Dalam 1 Komputer adalah solusi bagi para pengguna komputer yang menginginkan adanya dua system operasi yang berbeda dalam satu komputer. Misalnya dalam satu komputer terdapat dua system operasi (operating system) windows dan linux atau sama-sama windows/ linux namun berbeda versi.

Misal, komputer kita sudah terinstal Windows XP namun kemudian ingin mencoba windows 7/8, akan tetapi masih belum bisa sepenuhnya terlepas dari windows XP, maka kita bisa menginstal windows 7/8 sebagai windows secondary. Hal ini tentu kita membutuhkan dua drive hardisk sebagai tempat menyimpan system. Karena satu drive tidak bisa untuk menyimpan dua system. Misal windows XP di drive "C" dan Windows 7/8 di drive "D". Begitu juga ketika kita ingin mecoba kehandalan linux namun masih belum bisa melepaskan windows secara keseluruhan, maka metode ini bisa dijadikan solusinya. 

Metode yang diterapkan dalam menggunakan dua system operasi pada satu komputer seperti disebutkan diatas biasa disebut dengan Dual Boot System. Yaitu komputer memiliki dua system operasi dan dijalankan melalui booting secara bersamaan. Lalu bagaimana cara menjalankannya? Sangat mudah!!! Ketika komputer melakukan booting maka akan secara otomatis menampilkan Menu Option untuk memilih system operasi mana yang akan kita jalankan. Tinggal pilih system operasi yang akan kiga gunakan tekan Enter.

Selain metode dual boot system, untuk memiliki dua system operasi dalam satu komputer juga bisa menggunakan mesin virtual box. Apa itu mesin virtual box.

Mesin Virtual Box adalah sebuah aplikasi yang akan bekerja layaknya komputer kedua dalam satu komputer. Singkat kata, virtual box merupakan komputer virtual. Bekerja layaknya aplikasi, namun bisa menjalankan sebuah system operasi. Jadi, kita kan memiliki system operasi yang tertanam dalam system opearsi. Metode ini sangat efektif bagi kita yang ingin mempelajari sebuah system operasi baru, tanpa harus meninggalkan system operasi lama. 

Cara menggunakan mesin virtual box. Ya, bagaimana cara menggunakan mesin virtual box? Gak usah bingung, dalam postingan beberapa hari yang lalu sudah dibahas tentang menginstal linux menggunakan virtual box. Bagi anda yang belum membacanya, silakan baca cara menginstal linux menggunakan virtual box.

Demikian, pembahasa kita tentang bagaimana memiliki 2 system operasi dalam 1 komputer. Ada dua metode, yaitu dual boot dan virtual box. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, silakan sesuaikan dengan selera anda. Semoga bermanfaat.