Cara Memperbaiki Komputer Rusak Ngeblank



Cara Memperbaiki Komputer Rusak Ngeblank ~ Komputer ngeblank atau tidak ada tampilan sama sekali di monitor. Yang tampak hanya layar hitam tanpa ada reaksi apapun, padahal CPU hidup. Hmmm.... bingung dengan komputer seperti ini. Stop!!! Jangan bawa ke tukang servis komputer dulu, yuk kita diagnosa kerusakannya di mana dan berusaha memperbaikinya sendiri.

Memperbaiki komputer rusak secara mandiri selain ada kepuasan tersendiri juga akan semakin mengasah keterampilan kita di bidang teknisi komputer. Kerusakan apapun pada komputer dengan gejalan seperti apapun solusi yang tepat di awali dengan diagnosa yang tepat. 

Nah, bagaimana cara mendiagnosa kerusakan komputer ngeblank sperti kasus di atas?

Pertama Diagnosa Monitor
Pastikan bahwa monitor hidup dengan ditandai adanya lampu power yang menyala. Setelah yakin menyala, coba cabut kabel data monitor dari VGA Card, lihat apakah monitor menampilkan pesan NoSignal? Kalau ya, maka monitor berarti normal. Silakan kembali colokan kabel data ke VGA Card, kalau kembali ngeblank maka saya yakin bahwa monitor memberi respon terhadap transfer data dar CPU, ini menandakan bawah monitor normal. Langkah selanjutnya silakan diagnosal CPU.

Kedua Diagnosa CPU
Ketika mendiagnosa CPU maka ada banyak komponen yang harus kita diagnosa dan membutuhkan beberapa peralatan. Sebagai langkah awal, silakan cek PSU ata Power Supply. Apakah hidup atau mati. Kalau mati dan listrik tersambung dengan baik, maka saya yakin power supply mati total, silakan ganti power supply atau servis sendiri power supplynya. Bagamiana cara memperbaiki power supply? Silakan Download Ebook Panduan Servis Power Suply.

Seandainya power suplya juga normal maka langkah selanjutnya adalah mendiagnosa koponen lainnya dari komputer. Komponen apalagi dan bagaiman cara memperbaikinya? Berhubung saya sudah capek dan ngantuk banget, kita sambung di artikel berikutnya aja ya. Untuk bahasan kita cara memperbaiki komputer rusak ngeblank kita akhiri dulu sampai di sini aja deh. Kalau tidak sabar menunggu artikel saya berikutnya, silakan anda baca rekomendasi saya di bawah ini. Terima kasih.....