--> Cara Memperbaiki Komputer Rusak Ngeblank Bagian 2 | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

5/05/2013

Cara Memperbaiki Komputer Rusak Ngeblank Bagian 2

| 5/05/2013
komputer ngeblak


Cara Memperbaiki Komputer Rusak Ngeblank Bagian 2 adalah lanjutan dari artikel saya sebelumnya cara memperbaiki komputer rusak ngeblank. Pada artikel tersebut saya akhir pada cek power supply, karena sudah capek saya hentikan dan sekarang mari kita sambung kembali. Apa lagi yang akan kita diagnosa kali ini?

Mendiagnosa Memori dan VGA adalah langkah selanjutnya dalam menangani komputer rusak ngeblank. Karena apabila terjadi keruaskan pada dua komponen ini juga sama, akan terjadi ngeblank atau tidak ada gambar sama sekali pada monitor, yang tampak hanya layar hitam.

Sebenarnya untuk mendiagnosa kerusakan atau masalah pada VGA dan memory sangat mudah. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan cara menganalisa bunyi beep pada komputer. Untuk mendiagnosa kerusakan komputer dengan bunyi beep silakan baca di sini.

Nah, sekrang sudah tahu kan cara mendeteksi keruakan komputer via bunyi beep dan langsung bisa menentukan keruapakan pada bagian apa. Oke, sekarang kita fokusk aja dulu pada masalah VGA dan memory.

Kerusakan pada VGA biasanya terjadi pada VGA add on atau VGA tambahan (bukan VGA onboard), bisa karena pemasangan yang kurang pas atau kotor pada konektor atau kaki-kaki VGA. Begitu juga masalah yang terjadi pada memory sama dengan masalah pada VGA add on.

Cara mengatasi masalah VGA dan memory juga hampir sama. Silakan anda cabut VGA dan memory, kemudian bersihkan kaki-kaki dari kotoran, anda bisa menggunakan penghapus pensil. Bersihkan juga dari debu-debu yang menempel pada VGA dan memory. Setelah yakin bersih silakan pasang kembali VGA dan memory tersebut.

Nah itu adalah cara mengatasi masalah komputer rusak ngeblank dengan mengatasi msalah pada VGA dan memory. Lalu apa lagi hardware yang perlu kita curigai yang menyebabkan komputer menjadi ngeblank? Seperti biasa, kita tunda dulu untuk artikel berikutnya. Untuk saat ini kita cukupkan sampai di sini dulu, kalau anda tidak sabar dengan terbitnya artikel saya berikutnya, silakan anda manfaatkan ebook teknisi komputer yang ada di bawah ini.

Related Posts