Cara Mendiagnosa Kerusakan Harddisk Secara Cepat dan Akurat

Cara Mendiagnosa Kerusakan Harddisk Secara Cepat dan Akurat | Diagnosa atau cek harddisk adalah langkah awal yang dilakukan oleh seorang teknisi komputer ketika akan melakukan tindakan pada sebuah hardisk. Namun terkadang menemukan kendala ketika melakukan diagnosa, selain membutuhkan waktu yang cukup lama juga terkadang hasilnya tidak akurat atau mungkin sulit untuk diterjamahkan.

HDD Sentinel adalah software yang direkomendasikan untuk melakukan diagnosa terhadap sebuah harddisk. Selain bisa dilakukan secara cepat, juga hasilnya akurat dan mudah dibaca atau dimengerti. Nah, kebetulan saya ada link download software HDD Sentinel yang bisa anda gunakan untuk. HDD Sentinel software diagnosa harddisk ini versi DOS dan dijalankan secara bootable. Makanya file ini dishare dalam bentuk file ISO agar bisa langsung di burning ke CD dan bisa digunakan. Kalau anda tidak suka dengan versi DOS anda juga bisa menggunakan versi windows, namun masih versi trial. Berikut link downloadnya.


Cara cek harddisk menggunakan HDD Sentinel
Yang akan kita gunakan kali ini adalah versi DOS. Silakan anda download dan ektrak file ZIP tersebut. Dan burning ke CD.

1. Setting BIOS agar booting dari CD/DVD (buku mastering BISO di sini)
2. Silakan masukan CD HDD Sentinel anda dan laukan booting
3. Komputer akan booting dari CD dan langsung menjalankan HDD Sentinel serta melakukan diagnosa HDD
4. Hasilnya akan langsung terlihat sepert tampak pada gambar di bawah ini.
 


Health : kalau angkanya di bawah 100%, itu artinya harddisk sudah mengalami masalah atau akan rusak atau bahkan sudah rusak sebagian. Langkah tepat yang harus diambil tentu mengamankan semua data penting yang tersimpan ke harddiks atau kepingan CD/DVD kemudian menggantinya dengan harddik yang masih bagus. 

Perf : adalah kondisi file simpanan di harddisk tersebut, jadi bukan kondisi fisiknya.

Power On : menunjukkan berapa lama harddisk itu sudah digunakan.

Temp : menunjukkan suhu harddisk.

HDD Sentinel ini juga dilengkapi dengan indikator warna seperti di bawah ini :
Hijau : kondisi bagus.
Kuning : kondisi waspada / kurang bagus.
Merah : kondisi rusak 

Nah, itu tadi cara mendiagnosa kondisi harddisk secara cepat dan akuran. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, dan silakan lengkapi pengetahuan dan keterampilan teknisi komputer anda dengan memiliki ebook-ebook teknisi komputer lengkap di bawah ini.