Memunculkan Postingan Artikel Berdasarkan Kategori

Memunculkan Postingan Artikel Berdasarkan Kategori | Membuat widget yang menampilkan postingan berdasarkan kategori tertentu, atau mengelompokan artikel dalam kategori tertentu dalam sebuah kolom, atau apa sajalah bahasa atau istilahnya. Hehehe........

Oke, membuat widget menampilkan postingan berdasarkan kategori tertentu, itulah yang akan saya coba share pada tulisan kali ini. Mungkin sebagai blogger pemula (seperti saya) masih bingung tentang kategori atau label pada sebuah postingan. Blogger maupun wordpress memiliki fitur untuk mengelompokan artikel ke dalam kategori tertentu. Misal anda menulis tentang kuliah keagamaan, maka artikel tersebut anda masukan ke dalam kategori agama atau religi.

Kemudian, kita ingin menampilkan seluruh postingan atau artikel ketegori tersebut dalam sebuah kolom tertentu. Tujuannya tentu untuk memudahkan para pembaca dalam menelusuri seluruh artkel yang berkaitan dengan kategori tersebut. Kalau dalam blog FadhilGalery sengaja saya tidak membuatnya, karena saya ingin tampilan blog yang sesimple mungkin. Kalau anda ingin melihat contoh widget artikel berdasarkan kategori tertentu silakan anda kunjungi blog saya yang satu ini Kumpulan Software Gratis.

Lihat tiga kolom yang ada di atas dengan judul MULTIMEDIA, ANTI VIRUS dan PENDIDIKAN itu adalah contoh widget yang menampilkan artikel berdasarkan kategori tertentu. Bagaimana cara membuatnya? Sangat simpel. Sangat mudah. Iktu langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara membuat widget postingan artkel berdasarkan kategori tertentu :
1. Tentu anda harus login dulu ke akun blogger anda
2. Klik Layout/ Page Element/ Tampilan pada blog yang akan anda buatkan widgetnya
3. Klik Add Widget
4. Klik HTML/Java Script
5. Copy kode di bawah ini :



6. Paste pada form widget HTML/ Javascript tadi
7. Klik Simpan

Nah, selesai cara membuat widget postingan berdasarkan kategori tertentu. Sekarang silakan anda reload/ refresh halaman blog anda, apakah sudah muncul atau belum widgetnya. Kalau belum mungkin templet yang anda gunakan tidak suport dengan script di atas, atau templet anda sudah memiliki widget serupa sehingga terjadi kress.