--> Komputer Sering Hang, Blue Screen dan Restart Sendiri | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

9/17/2013

Komputer Sering Hang, Blue Screen dan Restart Sendiri

| 9/17/2013
Komputer Sering Hang, Blue Screen dan Restart Sendiri | Salah satu masalah komputer yang sering dihadapi adalah komputer sering hang, kemudian blue screen dan restart sendiri. Baru-baru ini saya mengalami kasus semacam ini. Ketika komputer sudah hidup agak lama (kurang lebih 15 menit) maka komputer mendadak blue screen dan restart sendiri. Selain itu ketika saya menjalankan aplikasi pemutar video maka hal yang sama juga terjadi.

Mengapa komputer sering hang, blue scereen dan restart sendiri?

Itu adalah pertanyaan saya dan mungkin anda juga sama kalau menghadapi masalah seperti ini. Sebagai teknisi komputer amatiran insting saya langsung mengarah pada memori. Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan identifikasi menggunakan Windows Memory Diagnostic. Anda bisa menjalankan tool windows ini melalui Control Panel, kemudian klik Administrative Tool dan silakan jalankan Windows Memory Diagnostic dengan cara double klik. Komputer akan restart untuk melakukan proses diagnosa terhadap memory. Tunggu dan perhatikan apa yang diinformasikan oleh komputer. Yang terjadi pada saya benar, bahwa memori komputer mengalami masalah dengan informasi kalau diterjemahkan kurang lebih seprti ini.

"Terdapat masalah pada fisik memory, untuk mengatasi masalah tersebut silakan hubungi vendor"

Yang saya lakukan kemudian adalah mencoba menghidupkan kembali komputer tersebut dengan momory lain (sebagai teknisi harus memiliki cadangan spart part). Eng ing eng, ternyata komputer berjalan normal bahkan saya test untuk menjalan banyak aplikasi secara bersamaan, termasuk aplikasi pemutar video dan saya biarkan sampai berjam-jam, komputer tetap berjalan dengan normal.

Kesimpulan :
Penyebab komputer sering hang, blue scereen dan restart sendiri adalah bisa disebabkan oleh memory yang rusak dan atau tidak kompatibel dengan motherboard. Jadi, ketika anda menghadapi kasus yang sama dengan kasus di atas, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis, silakan anda coba dulu cara-cara saya di atas. Semoga bermanfaat.

Related Posts