Cara Mengetahui Link Asli URL Shortener Bit.ly, Tiny Url dan goo.gl

Cara Mengetahui Link Asli URL Shortener Bit.ly, Tiny Url dan goo.gl | Di dunia maya atau dunia online ini banyak sekali trik-trik yang digunakan oleh para pengguna internet demi menunjang maksud dan tujuannya. Salah satu trik yang sering digunakan adalah menyamarkan URL atau link asli dengan menggunakan fasilitas URL Shortener. Yaitu sebuah fasilitas online untuk memendekan sebuah link atau URL.

Teknik memendekan atau menyingkat link dengan menggunakan URL shortener sering digunakan oleh para affiliater. Tentu tujuannya adalah untuk menyamarkan atau menyembunyikan link affiliasi mereka. Mengapa mereka menyembunyikan link affiliasi mereka? Untuk bahasan ini, kita bahas lain kali saja. 

Ketika kita facebookan atau twiteran juga sering sekali menemukan link-link atau URL yang terkesan aneh. Misal yang menggunakan Bit.ly, TinyURL dan Goo.gl. Pada umumnya kita tahu alamat url itu biasanya berakhiran com, co.id, biz, org atau akhiran-akhiran domain yang sudah umum kita kenal.

Nah, link-link yang menggunakan fasilitas URL shortener ini terkadang tidak aman untuk kita kunjungi. Misal mengarah ke situr pornografi, penipuan, perjudian dan lain sebagainya. Makanya sebelum memutuskan untu klik link tersebut ada baiknya kita lakukan trik sederhana untuk mengetahui link asli dari URL tersebut. Tidak hana itu, kita juga mengetahui info detail dari link tersebut. Misal berapa kali link tersebut diklik, beraapa tweet yang berhubungan dengan link aslinya, dan info-info penting lainnya. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya. 

1. Cara mengetahui link asli Bit.Ly
Untuk mengetahui link asli dari bit.ly dan informasi lainnya yang berkaitan dengan link aslinya sangat mudah. Cukup anda tambahkan tanda "+" (tanpa tanda petik) dibelakang linknya. Misal, anda mendapatkan link bit.ly seperti di bawah ini :
http://bit.ly/1fzPLvu
Maka silakan anda tambahkan tanda "+" sehingga menjadi seperti ini :
http://bit.ly/1fzPLvu+

Lihat hasilnya, anda bisa melihfat informasi lengkap dari mulai dari judul dari web aslinya dan link asli yang tersembunyi.

2. Cara mengetahui link asli TinyURL
Untuk mengetahui link asli dari URL Shortener Tiny URL adala dengan menambahkan "preview" di depan URL-nya. Misal link yang akan dilihat adalah sebagai berikut :
http://tinyurl.com/lu5cxp7
Maka setelah ditambah preview menjadi seprti di bawah ini :
http://preview.tinyurl.com/lu5cxp7

3. Cara mengetahui link asli Goo.gl
Untuk mengetahui link asli dari goo.gl caranya sama dengan pada cara mengetahui link asli dari bit.ly, yaitu dengan cara menambahkan tanda "+" di akhir URL. Misal link yang akan anda intip adalah sebagai berikut :
http://goo.gl/EQcCAz
Maka anda tambahkan tanda "+" di belakangnya sehingga menjadi seperti ini
http://goo.gl/EQcCAz+

Nah demikian cara mengetahui link asli dari bit.ly, tinyURL dan goo.gl. Semoga bisa bermanfaat dan pergunakan trik ini secara bijak. Hehehe.....