5 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri

5 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri | Komputer sering restart dengan sendirinya? Misal lagi mengerjakan suatu pekerjaan tiba-tiba komputer restart sendiri, atau ditandai dengan blue screen terlebih dahulu kemudian restart dan itu terjadi berulang-ulang.

Hmmmm... tentunya kejadian diatas sangat menjengkelkan bukan. Apa sebenarnya yang terjadi dengan komputer sehingga sering restart dengan sendirinya? Oke mari kita cari tahu penyebabnya, dan setelah tahu penyebabnya tentu kita tahu apa yang harus dilakukan.

5 Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri

1. Processor mengalami overheat atau terlalu panas
Suhu processor yang terlalu panas bisa menyebabkan komputer mangalami blue screen kemudian restart sendiri, bahkan dalam kasus-kasus semacam ini bisa menyebabkan koputer mati mendadak dan akhirnya mati total. Wuih... ngeri kan.

Apa sebenarnya yang menyebabkan processor terlalu panas. Biasanya disebabkan pemasang processor yang kurang pas atau kurang keceng. Makanya coba cek kembali pemasang processor dan pemasangan cooler fan processor, bila perlu bongkar dulu kemudian pasang kembali dengan benar dan jangan lupa berikan pasta termal.

2. Daya PSU tidak stabil atau PSU kurang daya
PSU atau power suply yang sudah lama biasanya akan mengalami masalah pada catu daya yang dihasilkan. Komputer yang kekurang daya juga akan mengalami sering restart sendiri.

3. Kerusakan pada RAM atau memory
Memory yang rusak juga menyebabkan komputer sering mengalami restart dengan sendirinya. Kasus yang sering terjadi adalah dengan ditandainya blue screen dengan adanya tanda pemberitahuan Dump Memory.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot memory tersebut kemudian membersihkan kaki-kakinya, dan kemudian pasang kembali.

4. Hardisk mengalami badsector
Badsector para hardisk menyebabkan sistem tidak berjalan dengan lancar. Maka efeknya komputer sering mengalami hang/ macet dan restart dengan sendirinya.

5. Kerusakan pada VGA Card
Keruakan pada VGA Card juga sering menimbulkan efek blue screen pada komputer. Selain itu juga bisa dintadai dengan komputer mendadak hang kemudain gambar menjadi tampak pecah-pecah dan akhirnya komputer restart dengan sendirinya. Nah, kalau kondisi semacam ini terjadi maka dapat dipastikan bawah VGA Card komputer rusak.

Nah, itu adalah 5 penyebab komputer sering restart dengan sndiri. Tentu masih banyak lagi penyebab yang mengakibatkan komputer menjadi hang, blue screen dan restart dengan sendirinya bahkan mati total. Masing-masing orang memiliki pengalaman sendiri-sendiri dan kadang cara penyelesaian yang berbeda-beda. Untuk itu tidak ada salahnya kalau anda yang sekarang sedang membaca artikel ini ikut menyumbangkan pengalaman anda melalui form komentar di bawah ini.

Terima kasih....