Printer 3 Dimensi, Teknologi Printing Terbaru Yang Lagi Hot

Printer 3 Dimensi, Teknologi Printing Terbaru Yang Lagi Hot | Dunia printing atau pencetakan kini lagi hot dengan hadirnya teknologi terbaru dalam dunia pencetakan. Kalau biasa printer hanya bisa mencetak dokumen di atas kertas, maka dengan hadirnya teknologi printer 3 dimensi kini anda bisa mencetak dokumen digital ke dalam bentuk 3 dimensi.

Bentuk tersebut benar-benar nyata, dapat dilihat, dapat dpegang dari berbagai sisi. Ya, karena memang yang keluar dari printer adalah dalam bentuk barang bukan bentuk tulisan yang tergores di atas kertas. Printer 3 dimensi akan mencetek bentuk apa saja yang ada dalam komputer yang ingin kita cetak, misal boneka, gelas, cankir, bahkan bisa mencetak bentuk wajah manusia yang sangat mirip dengan aslinya. Bahkan beredar kabar, mesin cetak 3 dimensi ini bisa mencetak sebuah senjata api dan bisa dioperasikan.

Yang sangat menggembirakan saya sebagai anak Indonesia adalah, bahwa anak bangsa kita sendiri yaitu Djohanes juga sudah bisa menciptakan printer 3 dimensi sendiri. Djohanes yang berawal dari hobinya di dunia desain kemudian tertarik untuk membuat atau mencetak desain dalam bentuk 3 dimensi dari komputer. Djohanes dengan adiknya yang bernama Yopi Jauhari kemudian bekerjasa menciptakan mesin printer 3 dimensi tersebut. 

Cara Kerja Printer 3 Dimensi
Tentu sebagai orang awam saya bingung bagaimana ko bisa printer mencetak barang dalam bentuk nyata atau seutuhnya. Nah, kalau anda juga saya seperti saya bingung dengan cara kerja printer 3 dimensi berikut adalah cuplikan tulisan tentang cara kerja printer 3 dimensi.

Pada dasarnya, cara kerja membuat cetakan 3 dimensi sama saja dengan printer inkjet konvensional dimana printer membuat layer atau lapisan-lapisan cetakan warna untuk membuat sebuah objek terlihat seperti seharusnya. Hanya saja pada printer 3 dimensi yang digunakan bukanlah tinta tetapi plastic molten wax dan material lainnya sehingga menjadi sebuah objek yang diinginkan.
 
Prinsip utama untuk pencetakan printer 3 dimensi yaitu membutuhkan data yang berbentuk 3 dimensi juga atau yang disebut dengan ‘data digital tiga dimensi’. Dalam dunia keteknikan biasa disebut dengan CAD ( Computer Aided Design ). CAD merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam 3 dimensi.
 
Sebenarnya ada beberapa metode yang digunakan dalam membuat printer 3 dimensi. Metode kerja printer 3 dimensi yang pertama adalah yang menggunakan aplikasi. Cara kerjanya, bahan pengikat yang digunakan pada printer 3 dimensi ini menggunakan bubuk kering yang dipadukan dengan suatu bahan perekat berbentuk cairan. Percampuran ini memungkinkan printer untuk dapat membuat lapisan demi lapisan  hingga menjadi sebuah objek yang nyata.

Metode lainnya adalah dengan menggunakan tekniik photopolymerisasi, dimana cairan plastic inti disorot dengan cahaya ultraviolet yang akhirnya mengeraskan cairan tersebut. Selanjutnya sinar laser yang akan dipancarkan mengarah sesuai dengan objek yang hendak dibuat. Sinar laser tersebut akan meleburkan bagian yang bukan bagian dari objek yang bukan diinginkan.
 
Cara kerja ini mirip dengan cara kerja para pemahat atau pematung yang menggunakan kayu atau batu gelondongan untuk dipahat menjadi sebuah objek yang diinginkan.
 
Tentu saja dengan adanya teknologi ini sebuah disain dapat langsung diwujudkan ke dalam bentuk aslinya dengan perantara computer. Bila pada teknologi konvensional manufaktur harus harus melalui proses panjang dan rumit, dengan teknologi ini tidak lagi. Printer 3D memutus mata rantai cetakan yang cenderung lebih rumit. Sebuah benda dapat langsung dibuat satu persatu.
 
Dampak Negatif Printer 3 Dimensi
Teknologi selalu datang dengan dua sisi yang tidak pernah bisa dipisahkan, yaitu dampak negatif dan positif atau manfaat dan bahaya yang ditimbulkan. Dampak negatif atau manfaat jelas, dengan adanya teknologi printer 3 dimenasi ini kita bisa mengkreasi sebuah bentuk dengan mudah. Hanya dengan bermodal komputer dan printer 3 dimensi kita bisa mencetak barang apa saja yang kita mau.

Dampak negatif yang khawatir akan timbul adalah penyalah gunaan dari para pengguna printer 3 dimenasi ini. Misal untuk membuat senjata berbahaya atau menduplikat atau mencetam barang-brang tiruan yang sudah beredar di masyarakat. Otomatis, dengan hadirnya printer 3 dimenasi ini bukan saja data digital yang dibisa di duplikasi oleh komputer tapi juga barang dalam bentuk 3 dimensi bisa dengan mudah ditiru. Hmmm....

Berikut adalah barang-barang hasil cetakan printer 3 dimensi