Waspadalah! Virus Bitcoin Mengancam Keamanan Kekayaan Anda



Waspadalah! Virus Bitcoin Mengancam Keamanan Kekayaan Anda ~ Virus Bitcoint adalah sebuah virus yang secara khusus bertujuan mendapaktan bicoint milik orang lain secara ilegal. Singkat kata, virus bitcoin adalah program yang dirancang untuk melakukan perampokan bitcoin milik anda.

Eit, mungkin di antara anda (termasuk saya) bertanya-tanya apa sih bicoint itu? Mengapa sangat berharaga, sehingga para cybercrime berusaha keras untuk mendapatkannya. Oke, agar tidak membingungkan, akan kita runtut dari awal. Sebelum membicarakan tentang virus bitcoin, kita pelajari dulu apa itu bitcoin.

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak open source yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer yang menghubungkan semuanya. Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node - node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi - fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin - bitcoin hanya dapat di habiskan oleh orang mempunyainya, dan tidak boleh dilakukan lebih dari satu kali. (sumber www.wikipedia.com)

Dari penjelasan singkat di atas, dapatlah kita simpulkan bahwa bitcoin adalah uang digital yang tersimpan secara online. Yang namanya harta kekayaan, dimanapun tempatnya pasti selalu menggoda nafsu para pencuri untuk mendapatkannya. Tidak terkecuali denan bitcoin. Terlebih saat ini uang digital Bitcoin mulai banyak dilirik oleh banyak kalangan karena bisa dipakai untuk membeli sejumlah produk, dari makanan hingga mobil mewah.

Namun waspadalah, karena virus pencuri Bitcoin sudah mulai beredar. Virus tersebut dinamai Bitcoin Alarm dan ditemukan oleh Kenny MacDermid, pengamat virus dari perusahaan software bernama Arbor Networks.

Bitcoin Alarm menyerang melalui email spam. Dalam email tersebut dituliskan sejumlah kata-kata yang mengajak calon korbannya untuk mengunjungi situs bitcoin-alarm.net.

Kemudian situs tersebut akan menawarkan sebuah aplikasi Windows penghasil Bitcoin. Link aplikasi pun dijanjikan akan dikirim melalui SMS.

Namun nyatanya itu bukanlah aplikasi penghasil Bitcoin, tapi merupakan virus pencuri berbagai informasi login korban di internet, terutama yang berhubungan dengan Bitcoin.

Melihat dari fungsi virus bitcoin di atas, yaitu untuk mendapatkan informasi login kita di internet, berarti bukan semata-mata bicoin yang menjadi sasaran, semua identitas login kita di internet menjadi terancam dengan adanya virus ini.

Jadi, berhati-hatilah ketika ada orang yang menawarkan aplikasi pendulang bitcoin atau dengan istilah software bitcoin mining. Dikhatirkan software tersebut merupakan virus yang siap merampok seluruh kekayaan online anda.