Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan di Monitor

Komputer Nyala Tapi Tidak Ada Tampilan di Monitor | Komputer nyala, fan processor berputar, lampu keyboard nyala, tapi tidak ada tampilan apaun di monitor. Keluhan ini disampaikan oleh salah satu pembaca di blog ini pada artikel yang berjudul Komputer Hidup Tapi Tidak Tampilan Di Monitor. Saya sudah menjawabnya secara singkat, tapi tidak ada salahnya kalau saya membahas lebih lengkap lagi melalui tulisan ini.

Masalah seperti di atas yaitu komputer (CPU) nyala tapi monitor blank (tidak ada tampilan apapun/hanya layar hitam) sering dialami oleh para pengguna komputer. Banyak juga yang bingung harus berbuat apa? Oke, biar gak bingung mari kita cari tahu masalahnya dan cari tahu juga solusinya.

Sebelum anda melalukan operasi dalam (hehe) ada baiknya anda cek dulu kaber ke yang dari CPU ke monitor. Pastikan itu sudah terpasang dengan baik dan pastikan juga monitor sudah menyala dan tentunya tidak rusak alis berfungsi denga baik. Karena hanya akan buang-bunag energi kalau anda langsung ngobrak-ngabrik isi komputer anda ternyata yang bermasalah justru monitornya. Hehehe....

Oke, kita anggap monitor tidak ada masalah dan kabel datanyapun tidak ada masalah. Berarti hasil diagnosa, bahwa komputer memang memiliki penyakit dalam. Dan tentunya harus dilakukan operasi dalam (kaya dokter bedah ya, hehehe)

Penyebab komputer tidak ada tampilan yang pertama adalah processor yang rusak atau terjadi over heat (panas tinggi). Tapi kalau processor terjadi over heat biasanya komputer akan langsung mati total, sangat jarang processor sudah panas tinggi tapi komputer bisa hidup secara normal, paling tidak komputer akan hidup kemudian restart kembali. Ini akan terjadi secara terus menerus sampai akhirnya komputer mati total.

Kalau melihat kasus seperti disebutkan di atas, yaitu komputer nyala tapi tida ada tampilan di monitor maka tersangka berikutnya adalah memori. Bisa karena memeri kotor atau memasangnya kurang pas. Maka solusinya silakan anda cabut dulu memori tersebut, kemudian bersihkan dan coba pasang lagi. Kalau motherboard anda memiliki lebih dari satu slot memori, silakan pindahkan dari slot yang awal. Coba nyalakan kembali komputer anda. Berdasarkan pengalaman saya, dengan cara seperti ini saya komputer akan langsung hidup lagi dengan normal.

Kalau dengan cara di atas ternyata masih tidak ada pengaruhnya, coba anda dengan menggunakan memori lainnya (kalau tidak punya dan tidak mau modal dulu, anda bisa meminja memori punya teman yang satu tipe). Kalau ternyata dengan menggunakan memori lain, komputer bisa hidup dengan normal artinya memori anda memang sudah saatnya harus diganti.

Tersangka berikutnya adalah VGA yang bermasalah. Hal ini terjadi kalau anda menggunakan VGA Add On (bukan onboard). Sama dengan cara memangani masalah pada memori. Silakan anda lepaskan dulu VGA add on anda dan bersihkan kemudian pasang kembali.

Untuk lebih mudah mendeteksi kerusakan yang mana, silakan anda buka artikel saya mendeteksi kerusakan hardware melalui bunyi beep. Sekian artikel saya hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di waktu dan chanel yang sama. Wkwkwkwkwkwkkkkkkkk