Memisahkan Tanggal Bulan dan Tahun Pada Microsoft Excel

Memisahkan Tanggal Bulan dan Tahun Pada Microsoft Excel | Tips dan trik microsoft excel ini merupakan tips dan trik yang sederhana saja. Meskipun sederhana tapi terkadang sangat dieprlukan dan bagi yang tidak tahu tentu bisa merepotkan.

Seperti yang terjadi pada saya baru-baru ini. Saya diminta untuk mengirim data siswa dengan format tanggal bulan dan tahun lahir siswa dipisah menjadi 3 kolom. Padahal saya sudah memiliki data siswa dengan format tanggal lahir dalam 1 kolom. Nah, kalau tidak tahu tips dan trik microsoft excel ini tentu saya harus rela hati mengetik ulang tanggal lahir seluruh siswa. Tapi karena saya tahu tips dan trik sederhana ini, tidak perlu repot-repot mengetik ulang tanggal lahir siswa.

Tips Memisahkan Tanggal Bulan dan Tahun

Untuk memisahkan tanggal lahir, bulan dan tahun sangat sederhana. Cukup kita menggunakan formula DATE/MONTH/YEAR.

Misal, tangga lahir ada pada cell A1, kemudian kita akan meletakan tanggal pada cell B1, bulan pada cell C1 dan tahun pada cell D1. Maka penulisan formulanya adalah sebagai berikut :
Pada cell B1 silakan masukan formula =DATE(A1)
Pada cell C1 silakan masukan formula =MONTH(A1)
Pada cell D1 silakan masukan formula =YEAR(A1)

Nah itu adalah cara memisahkan tanggal bulan dan tahun pada microsoft excel, semoga bermanfaat dan bisa membantu pekerjaan anda.