Tips Aman Belanja Online Terhindar Dari Penipuan

tips aman belanja online

Tips Aman Belanja Online Terhindar Dari Penipuan | Tips aman belanja online yang akan saya bahas merupakan hasil dari pengalaman pribadi. Dari tulisan ini harapan saya akan menjadi warning bagi anda yang akan belanja online, tapi tidak menjadikan anda takut untuk belanja online.

Belanja via internet atau belanja secara online sangat rentan terhadap penipuan. Sudah menjadi hal biasa, kalau belanja online yang paling beresiko adalah pembeli. Karena setiap transaksi, sudah dapat dipastikan bahwa pembeli harus mentransfer uang dulu, baru barang akan dikirim. Makanya, sebagai pembeli harus benar-benar hati-hati dalam melakukan belanja online.

Tips Aman Belanja Online Terhidar Dari Penipuan

  1. Lakukan penelitian terhadap toko online, anda bisa cek alamat, kontak person,YM, bahkan tanyakan pada orang lain tentang kredibilitas toko online tersebut.
  2. Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda,seperti KTP,SIM,Kartu Kredit,ATM,Rekening,dan Nomor HP anda.
  3. Bandingkan harga dengan toko ofline di kota anda, karena ada kmungkinan harga di toko online plus ongkos kirim akan lebih mahal dibanding dengan yang ada di kota anda sendiri.
  4. Cermati segala ketentuan yang ditulis di toko online.
  5. Cek sistem pengiriman barang, dan pastikan anda mendapatkan bukti pengiriman barang.
  6. Pilih cara pembayaran transfer via rekening saja, ini lebih aman dibanding anda menggunakan kartu kredit.
Nah itu adalah cara aman belanja online agar terhindari penipuan. Penipuan beraneka ragam kejadiannya, mulai dari barang tidak sesuai dengan spesifikasi pesanan bahkan barang tidak dikirim. Untuk mananggulangi masalah ini banyak yang menawarkan jasa rekening bersama. 

Rekening bersama adalah sebuah jasa pihak ketiga yang akan menampung uang para pembeli untuk disalurkan kepada penjual setelah barang benar-benar sudah diterima pembeli. Namun ini juga sangat rentang dengan penipuan. Belum lagi adanya tambahan biaya. Tambahan biaya beraneka ragam, misal anda akan diberkan tambaha biaya 10.000 per transaksi. Jadi, jumlah total pembelian akan membengkak dari akumulasi HARGA BARANG + ONGKOS KIRIM + BIAYA TAMBAHAN REKENING BERSAMA. Hasilnya harga akan sangat mahal. Hmmmm..... bagaimana, apakah anda masih yakin akan melakukan transaksi online. Pastikan, bahwa anda benar-benar berada di toko online yang aman dan terpercaya.