Tips Instal Ulang Windows Agar Data Aman

Tips Instal Ulang Windows Agar Data Aman | Dalam artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang cara memperbaiki windows tanpa instal ulang. Artikel tersebut merupakan solusi alternatif ketika terjadi kerusakan pada windows dan ingin memperbaikinya. Namun terkadang hal tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah. Solusi terakhir tetap harus dilakukan yaitu instal ulang windows. Namun karena cara yang dilakukan tidak benar terkadang malah terjadi sebuah resiko yang tidak diinginkan, yaitu kehilangan data pada komputer. Lalu bagaimana tips instal ulang windows agar data aman?

Tips Instal Ulang Windows Agara Data Aman

Sebelum kita bahas lebih detai tentang tips aman instal ulang windows, mungkin ada yang bertanya bagaimana cara instal windows. Bagaimana mau melalukan tips ini kalau cara instal windowsnya aja gak tahu. Oke, bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara instal windows sudah saya sediakan dalam artikel ini :
1. Cara Instal Windows 7 Dengan Benar
2. Cara Instal Windows 8 Lengkap Dengan Gambar

Oke, sekarang mari kita fokus ke tips aman install windows agar data tetap aman.
1. Pastikan bahwa hardisk anda terbagi menjadi beberapa partisi
Ini sangat penting, untuk memisahkan data dengan sistem, sehingga ketika harus instal ulang maka data akan dijamin keamanannya, asal anda tepat dalam meletakan system windows saat instal ulang. Misal data anda di simpan di drive "D" maka jangan coba-coba isntal ulang windows di drive "D". Instal windows direkomendasikan di drive "C"

2. Jika hardisk hanya ada satu partisi
Nah kalau kasusnya semacam ini memang agak rumit. Sebab antara system yang akan diganti dengan data menyatu dalam satu partisi. Namun tetap data anda bisa diselamatkan asal cara instal ulang windows tidak asal-asalan. Ketika hal ini terjadi pada komputer anda, maka saya sarankan agar anda saat menginstal windows tidak melakukan format terhadap hardisk anda. Dengan demikian data dalam hardisk akan tetap aman. Kelemahannya akan ada double folder windows, namun itu tidak terlalu menjadi masalah. Windows lama akan secara otomatis menjadi WindowsOld. Sedangkan data-data lainnya dalam hardisk akan tetap terjaga keamanannya.

3. Backup data ke komputer lain
Kalau anda mempunya komputer lain yang masih hidup normal, saya sarankan agar data pada hardisk yang akan diinstal ulang di backup dulu ke komputer tersebut baru diinstal ulang. Dengan cara seperti ini anda bebas melakukan instal ulang, meskipun harus mempartisi ulang hardisk anda.

Nah itu adalah tips install ulang windows agar data aman yang bisa saya share kepada anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan kalau ada kekurangannya silakan anda tambahkan melalui kolom komentar.