Cara Mengganti sparepart Laptop Dell Inspiron N4010 Corei5

Cara Mengganti sparepart Laptop Dell Inspiron N4010 Corei5 | Laptop merupakan produk yang unik di setiap serinya. Makanya, butuh pengangan berbeda dalam setiap masalah yang terjadi. Termasuk bagaimana cara bongkar pasang ketika memperbaiki sebuah laptop juga akan ada perbedann di setiap merek dan serinya.

Cara mengganti sparepat laptop Dell Inspiron N4010 corei5 merupakan sebuah panduan lengkap bagimana cara bongkar pasang laptop dengan benar. Dengan panduan ini anda akan tahu bagaimana cara membongkar spareparti dan kemudian menggantinya. Panduan ini terdiri dari :
1. Cara Membongkar dan Mengganti RAM/Memori 
2. Cara Membongkar dan Mengganti DVD Room
3. Cara Membongkar dan Mengganti Keyboard
4. Membongkar total laptop
5. Cara Membongkar dan Mengganti Souncard
6. Cara Membongkar dan Mengganti Baterai CMOS
7. Cara Membongkar dan Mengganti Fan Processor
8. Cara Membongkar dan Mengganti Hardisk

Berikut Panduan Lengkap Bongkar Pasang Laptop Dell Inspiron 

1. Untuk mengganti RAM/memori maka buka baut penutup bertuliskan RAM.



a) Dorong kedua penahan memori kearah sesuai tanda panah secara bersamaan hingga memori terangkat sendiri kemudian tarik, bersihkan atau ganti.
2. Untuk mengambil atau mengganti DVD, maka buka satu baut bertanda luv merah, kemudian tarik DVD.

3. Untuk mengganti keyboard buka kedua baut bertanda luv biru lalu balik laptop.




a) Dorong 4 klip penahan keyboard dengan obeng minus (-) atau bekas tempat kartu SimCard kearah sesuai tanda panah satu persatu sambil keyboard agak diangkat.



b) Setelah keyboard diangkat sedikit jangan langsung ditarik karena kabel keyboard belum dilepas, maka lepas dulu kabelnya dengan cara tarik penahan kabelnya kearah sesuai tanda panah.

 

4. Untuk membongkar Notebook maka buka ke 19 baut yg bertanda luv biru, kemudian balik laptop.



a) Setelah DVD dibuka, maka lihat dibawah DVD ada 3 baut, buka 3 baut bertanda luv biru kemudian balik laptop.


b) Setelah keyboard diangkat maka untuk membersihkan atau mengganti Harddisk, wifi,sound dan fan prosesor maka dorong kedua penahan kabel sesuai tanda panah masing2 kemudian buka satu baut yang ad dibawah kabel touchpad pd yg bertanda luv hijau.

c) Setelah satu baut dilepas dan dua kabel sdh dilepas maka pisahkan casing atas dan bawah laptop dengan cara agak dicongkel menggunakan bekas tempat kartu simcard,KTP atau kartu ATM mulai dari samping kanan atau kiri dengan hati2 dan pastikan tidak ada baut yang masih belum dibuka waktu memisahkan casing atas dan bawah.



5. Setelah casing atas dipisahkan maka untuk mengganti soundcard maka buka soke kabel pd yg berwarna luv hijau lepaskedua baut speaker dan ganti.

6. Apabila waktu booting/laptop baru dinyalakan dan ada tulisan atau keterangan "CMOS Cheksum error...." atau penunjukan jam tidak sesuai meskipun sudah diatur maka kemungkinan daya dari batre CMOS atau BIOS pd yg bertanda luv merah besar ini sdh habis atau berkurang,maka buka dan ganti batrenya.

7. Untuk mengganti atau membersihkan fan prosesor maka dorong penahan kabel kearah sesuai tanda panah kekanan, selanjutnya lepas soket kabel prosesor pd yg bertanda luv biru kecil juga lepas baut fan prosesor bila ada. kemudian angkat fan prosesor.




a) Buka ketiga baut bertanda luv merah kemudian bersihkan fan prosesor atau ganti.

 


8. untuk mengganti harddisk maka buka ke 9 baut yg bertanda luv merah kecil.

 
a) Lepaskan soket kabel pada yg beranda luv hijau.


 

b) Angkat pada bagian bertanda luv biru besar dengan perlahan karena disini ada soket yang menghubungkan motherboard dan board yg berhubngan dengan Wifi Card, lalu angkatdan balik motherboard.



c) Setelah motherboard dibalik maka buka satu baut yg ditandai luv biru kemudian pastikan tidak ada baut yg menahan hardisk, lalu dorong harddisk kearah tanda panah merah, lepas dan ganti.

 


9. Lepas kabel hitam dan putih pd yg bertanda luv biru lalu buka satu bautnya setelah card wifi terangkat sendiri baru tarik dan angkat kemudian ganti wifi card.
 


Nah itu adalah cara bongkar pasang sparepart laptop dell inspiron N4010, tutorial (teruama gamabar) diambil dari http://computer-911.bravesites.com/. Semoga bermanfaat.