Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Ms Word Dalam Satu File

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Ms Word Dalam Satu File | Dalam sebuah pembuatan makalah, skripsi ataupun karya tulis lainnya biasanya memiliki format page number atau nomor halaman yang berbeda. Misal, halaman pertama sampai halaman kata pengantar dengan nomor ramawi sedangkan halaman berikutnya menggunakan nomor arab atau nomor biasa.
 
Kalau membuat nomor halaman secara otomatis dengan menggunakan insert page number maka seluruh halaman dalam satu file akan memiliki format yang sama, padahal kita ingin memiliki dua format yang berbeda.

Untuk membut format page number berbeda dalam satu file ms word maka harus dipisahkan oleh section. Artinya, dalam satu file tersebut di bagi menjadi dua section. Satu section untuk format nomor halam romawi dan section kedua untuk nomor halaman format biasa.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membuat nomor halaman dengan format berbeda dalam satu dokumen Ms Word.
  1. Buka file ms word anda
  2. Letakan kursor pada halaman terakhir nomor halaman yang menggunakan format nomor romawi (misal halaman 5) klik Page Layout >> Breaks >> Next Page. 
  3. Sekarang klik sembarang pada section 1 (halaman 1 – 5), klik Insert >> Page Number >> Format Page Number.
  4. Pada Number format pilih angka romawi (i, ii, iii, …) dan pada Start at ketik i, kemudian OK 
  5. Masih pada section 1, selanjutnya klik Insert >> Page Number >> Bottom of Page >> Pain number 2 (nomor halaman terletak di bawah tengah).
  6. Sampai di sini silakan dilihat, lima halaman pertama menggunakan format i – v, halaman diatasnya 6, 7, 8 dan seterusnya.
  7. Selanjutnya letakan kursor di section 2 (halaman 6 dan seterusnya), kemudian double klik pada bagian Footer (nomor halaman), maka Anda akan melihat ribbon Header and Footer Tool di mana pada bagian Navigation, Link to Previous dalam keadaan aktif (berwarna orange). Jangan aktifkan Link to Previous (klik untuk aktif atau nonaktif). Setelah itu klik Close Header and Footer atau klik sembarang di area dokumen untuk keluar dari Header and Footer Tool.
  8. Masih pada section 2, untuk mengubah halaman 6 menjadi halaman 1, klik Insert >> Page Number >> Format Page Number.
  9. Anda cukup mengganti Start at dengan angka 1 dan klik OK 
  10. Apa yang terjadi? Halaman 6, 7, 8 .... akan menjadi 1, 2, 3 ... Kalau ini yang terjadi maka anda sudah berhasil membuat format nomor halaman berbeda dalam satu file ms word.

Demikian tips dan trik microsoft word kali ini. Sudah lama juga saya tidak membahas seputar tips dan trik microsoft word. Semoga tips dan trik kali ini bermanfaat bagi anda yang sedang mengerjakan tugas akhir, makalah, skripsi ataupun yang sejenisnya. Jadi, ketika anda membuat nomor halaman berbeda tidak perlu memisahkan antar bab yang satu dengan yang lain.