Mencegah Spam Link Aktif Pada Komentar Blogspot

Mencegah Spam Link Aktif Pada Komentar Blogspot ~ Blog identik dengan kolom komentar, bahkan ada sebagian blogger yang merasa kurang afdol kalo blognya tidak ada yang komen. Untuk menarik komen, bahkan dia blogwalking ke sana kemari agar blog kembali dikunjungi dan dikomentari.

Komentar pada blog memang membuat blog semakin hidup. Hal ini karena terjadi interaksi antara admin blog dengan para pengunjung, bisa saling bertanya atau saling mengisi kekurangan satu dengan yang lainnya. Namun terkadang, beberapa orang meyalahgunakan kolom komentar untuk kepentingan pribadinya tanpa mengindahkan kepentingan si empunya blog.

Misal, banyak sekali para penjual obat yang melakukan spam via komentar. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mencegah spamer tesebut. Hal yang lazim dilakukan biasanya adalah dengan memoderasi komentar. Sehingga, komentar yang akan dipublish bisa difilter secara manual oleh admin. Tapi kalau blog memiliki pengunjung yang banyak melakukan komen, lama-lama capek juga harus menyeleksi dan mempublish komentar satu persatu.

Cara mencegah spam paling ampuh
Spamer identik dengan meninggalkan link aktif pada kolom komentar. Nah, inilah yang harus dibatasi. Carai paling efektif untuk mencegah spamer dengan link aktif adalah sebagai berikut :
1. Setting opsi komentar menjadi Registerd User
Dengan cara ini yang berkomentar hanya akan menggunakan akun pada google, wordpres atau yang lainnya (saya lupa), hehehe....

2. Mematikan link aktif pada komentar dengan script anti link aktif
Seperti kita ketahui bahwa fitur kolom komentar blogger mengijinkan penulisan kode html. Hal ini sering dimanfaatkan oleh para spamer untuk menanamkan kode html yaitu "a href" untuk meninggalkan link aktif pada komentar.

Bagaimana  cara mematikan link aktif pada kolom komentar blogspot?
Alhamdulillah saya menemukan kode ini dari seorang blogger yang sudah tidak asing lagi di dunia maya. Beliau adalah Kang Ismet. Kode tersebut juga saya pasang pada blog saya ini. Di bawah ini adalah kode scrip anti link aktif yang saya pasang :


Kode scrip anti link aktif tersebut dipasng di atas kode
</body>
. Sebenarnya masih ada lagi script yang lainnya, tapi saya ambil salah satu saja. Kalau anda menginginkan script anti link aktif yang lainnya silakan langsung meluncur ke blog Kang Ismet (http://blog.kangismet.net/2013/05/menghilangkan-link-aktif-pada-komentar.html)