--> Mengatasi Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered" | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

10/21/2014

Mengatasi Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered"

| 10/21/2014
Mengatasi Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered" | Komputer atau laptop setelah lama digunakan terkadang menampilkan notifikasi "Display driver stopped responding and has recovered" pada pojok kanan bawah. Selain itu komputer atau laptop akan berkedip dan layar menjadi hitam sementara, kemudian kembali normal dengan cahaya yang lebih kontras. Terkadang, malah terjadi blue screen dan komputer menjadi restart.

Masalah di atas juga pernah saya alami pada laptop yang sering saya gunakan untuk bekerja online. Hal tersebut sangat mengganggu, meskipun hanya beberapa detik saja. Lalu bagaiman cara mengatasinya atau cara memperbaiki masalah "Display driver stopped responding and has recovered"?

Inilah solusi dari error "Display driver stopped responding and has recovered"
1. Matikan Over Clock
Masalah di atas juga bisa terjadi karena adanya overclock pada processor, ram, dan VGA. Kalau anda memang marasa pernah melakukan itu silakan kembali pada settingan normal. Tapi kalau tidak pernah melakukan overclock, abaikan langkah ini.

2. Cek Suhu dan Bersihkan Casing
Kalau error ini terjadi pada laptop silakan cek suhu laptop dengan cara meraba bagian bawah laptop, kalau panasnya sudah tidak normal tentu tangan anda bisa merasakannya sendiri. Kalau dirasa tidak normal silakan anda bersihkan casing, mungkin ada kotoran atau debu yang menyumbah jalan udara keluar dari fan laptop. Ada baiknya anda juga membongkar laptop anda dan membersihkan bagian processor, memori dan vga dari debu yang menempel.

3. Updare Driver VGA
Kalau cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah, coba update driver vga anda. Silakan cari patch update terbaru dari vga laptop atau komputer anda. 

Demikian Cara Mengatasi Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered" yang sering terjadi pada komputer atau laptop. Semoga bisa menyelesaikan masalah yang tekadang menjengkelkan ini.

Related Posts