Cara Mengaktifkan dan Mematikan Akun Administrator Pada Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Akun Administrator Pada Windows 10 | Akun “Administrator” biasanya digunakan untuk melakukan sejumlah perbaikan pada windows yang mengalami masalah. Akun Administrator bisa diakses melalui windows safe mode. Itu bisa dilakukan pada windows XP. Namun setelah windows XP diganti dengan generasi berikutnya (Vista ke atas) akun administrator ini di matikan atau di disable.

Mungkin Anda saat ini adalah pengguna windows 10, tapi anda masih memerlukan untuk masuk sebagai Administrator untuk melakukan sesuatu lebih jauh di Windows 10 seperti mengedit file hosts.
Pada windows 10 anda hanya akan disuguhkan satu akun saja sehingga anda tidak bisa mengkases windows sebagai Administrator. Memang jika Anda lihat status akun di aplikasi Accounts akan terlihat sebagai Administrator tetapi akun lokal.

cara mengaktifkan akun administrator

Bagaimana cara mengaktifkan akun administrator Windows 10?

Untuk mengaktifkan akun administrator pada Windows 10 ikutilah langkah-langkah sederhana berikut.
  1. Buka Commmand Prompt (Admin), tekan tombol Win+X+A pada keyboard. 
  2. Ketik perintah berikut pada jendela command prompt:
     net user administrator /active:yes
  3. Setelah menekan tombol Enter Anda akan melihat pesan “The command completed successfully”.
  4. Sign out atau restart dari akun sekarang, dan setelah login Anda akan melihat akun “Administrator” muncul di logon screen, paling bawah akan terlihat sebuah akun baru bernama Administrator. Klik Administrator untuk login sebagai Admin.
Nanti jika Anda login menggunakan akun lokal maka Anda akan memiliki opsi masuk sebagai Administrator. Klik Start > Nama akun > Administrator.

Cara mematikan akun Administrator di Windows 10

Untuk melakukan disable atau mematikan akun administrator, anda hanya tinggal masuk pada Command Prompt dan lakukan perintah sebaliknya dari carai mengaktifkan akun administrator di atas.
  1. Buka Commmand Prompt (Admin).
  2. Ketik perintah berikut dalam jendela command prompt:
     net user administrator /active:no
  3. Setelah menekan tombol Enter Anda akan melihat pesan “The command completed successfully”.
  4. Akun Administrator akan disabled kembali.

Nah itulah cara mengaktifkan dan mematikan akun administrator windows 10 yang mungkin bisa memberikan manfaat bagi anda. Namun perlu anda perhatikan, ketika anda masuk pada akun andministrator itu artinya anda memiliki akses penuh pada windows sehingga anda tidak akan mendaptkan peringatan apapun ketika menginstal aplikasi. Jadi, berhati-hatilah.