--> 6 Cara Hebat Mempercepat Windows 7, Buktikan Pasti Puas | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

1/17/2017

6 Cara Hebat Mempercepat Windows 7, Buktikan Pasti Puas

| 1/17/2017
6 Cara Hebat Mempercepat Windows 7, Buktikan Pasti Puas | Ingin mempercepat kinerja windows 7, tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Settingan atau pengaturan apa saja yang hars dirubah agar windows 7 bisa berjalan lebih cepat. Bagi anda pengguna komputer atau laptop dengan spesifikasi tingkat dewa mungkin tidak akan terasa kalau windows 7 ada kalanya berjalan sangat lambat, bahkan pengaturan-pengatauran untuk mempercepat kinerja windows 7 tidak akan berpengaruh signifikan jika diterapkan pada komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Misal processor sudah core i7, RAM 8GB, VGA 4 GB atau lebih.

Lain halnya dengan anda pengguna komputer dengan spesifikasi pas-pasan, misal masih menggnakan processor dual core, RAM 2GB, VGA 412 MB maka anda akan merasakan kinerja windows 7 yang semakin menurun. Hal ini wajar, karena sistem operasi windows lambat laun akan terpenuhi oleh file-file sampah dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di belang layar sehingga akan menguras tenaga komputer. Maka sangat penting bagi anda untuk melakukan modifikasi sistem untuk mempercepat kinerja windows 7.

Ada beberapa pengaturan yang diyakini bisa meningkatkan kinerja atau kecepatan windows 7. Tips trik ini jarang dipraktikkan dan mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Namun cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kinerja windows 7 anda hingga meningkat 200%. Apa saja?

Inilah Cara Hebat Meningkatkan Kecepatan Windows 7

1. Singkirkan Font yang tidak digunakan. 

Kita tahu bahawa secara defaulut sistem operasi memiliki banyak sekali jenis atau type huru atau font. Padahal tidak semua jeni huruf tersebut dibutuhkan atau serng digunakan. Kecuali anda yang bekerja sebagai seorang desain grafis mungkin sangat membutuhkan dan sering menggnakan jenis-jenis huruf yang disediakan windows. Tapi bagi penggna biasa, paling hanya menggnakan Time New Roman, Arial, Arial Black, Calibri atau huruf sejenisnya.

Tahukan anda bahwa semakin banyak font yang tekandung dalam sistem opearasi windows makan akan semakin memperlambat kinerja sistem. Maka, saran saya buanglah font-font yang dirasa tidak dibutuhkan. Tapi tatap anda harus melakukan backup, karena mungkin suatu waktu dibutuhkan maka tinggla melakukna restorasi font saja. Bagaimana caranya? Ikuti langlah-langkah di bawah ini.
  1. Buat folder baru sebagai folder backup font.
  2. Buka control panel dan lanjutkan dengan membuka folder fonts.
  3. Pilih font yang tidak biasa anda gunakan dan pindahkan ke folder backup yang telah anda buat tadi. Jangan menghapus font yang tidak anda gunakan karena mungkin pada saat yang lain anda membutuhkannya. Jika ingin mengaktifkan font yang telah anda pindah, hanya perlu mengembalikannya ke folder semula.

2. Percepat booting windows 7 anda

System windows 7 akan booting lebih cepat jika anda menggunakan tips hebat berikut ini.
  1. Klik start, lanjutkkan dengan mengetik msconfig pada Start Search dan tekan tombol enter.
  2. Klik tab Boot dan pergi ke bagian Advanced Options.
  3. Ketik jumlah nomor processor yang digunakan saat proses pada kolom Number of Processors.
  4. Klik Apply dan restart system untuk melihat efeknya.

3. Nonaktifkan System Sound.

Jika anda tidak tertarik menggunakan system sound, anda dapat menonaktifkannya dengan melakukan langkah di bawah ini. Hal ini akan mempercepat proses saat loading system.
  1. Klik start, lanjutkkan dengan mengetik mmsys.cpl pada Start Search dan tekan tombol enter.
  2. Buka tab Sound dan pilih No Sound pada pilihan yang ada.
  3. Klik Apply untuk mengaplikasikannya dan restart Windows 7 anda.

4. Nonaktifkan Index Search di Windows 7.

  1. Klik start, lanjutkkan dengan mengetik services.msc pada Start Search dan tekan tombol enter.
  2. Cari Windows Search, klik kanan dan kemudian dan nonaktifkan service tersebut.

5. Nonaktifkan Service yang tidak digunakan.

Beberapa service windows masih berjalan pada system meskipun kita sendiri tidak memerlukannya. Hal ini akan memakan memory yang sebenarnya dapat digunakan untuk proses lain yang lebih penting. Untuk menonkatifkan service yang tidak digunakan, ikuti petunjuk berikut ini.
  1. Buka Start menu, All Programs dan kemudian lanjutkan ke Administrative Tools Options. Pilihan ini mungkin tidak ada jika anda login sebagai Guest, bukan sebagai admin.
  2. Klik tab Advanced dan lihat nama service yang ada pada bagian bawah.
  3. Hilangkan tanda check-box pada service yang tidak digunakan dan biarkan service yang masih anda gunakan.
  4. Restart windows 7 untuk melihat efeknya.

6. Kurangi Start-up Windows 7.

Banyak apliaksi yang di-load secara otomatis oleh windows padahal anda sendiri jarang menggunakannya. Untuk menonaktifkan Start-up program, ikuti langkah berikut ini.
  1. Klik start, lanjutkkan dengan mengetik msconfig pada Start Search dan tekan tombol enter.
  2. Buka tab Startup.
  3. Nonaktifkan start-up aplikasi yang tidak digunakan dan restart windows 7 anda.
Nah itulah cara hebat untuk meningkatkan kecepatan windows 7 yang bisa anda terapkan pada komputer atau laptop anda yang menggunakan sistem operasi windows 7. Dengan 6 tips di atas, maka anda akan mendapatkan sebuah peningkatan yang signifikan dari kinerja windows 7 anda. Selamat mencoba, semoga sukses.

Related Posts