Pilih Intel atau AMD? Mana Yang Terbaik? Mari Kita Bandingkan

Pilih Intel atau AMD? Mana Yang Terbaik? Mari Kita Bandingkan | Dunia komputerisasi di Indonesia tidak pernah jauh dari produk microprocessor intel dan AMD. Nyatanya demikian? Kedua produk ini menjadi acuan utama para pengguna komputer di Indonesia. Kalau gak intel ya AMD yang menjadi pilihan. Sebenarnya apa sih perbedaan dari intel dan AMD nih? Lalu apa kekurangan dan kelebihan dari kedua produk tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering muncul dari para pengguna komputer yang faham dengan spesifikasi komputer. Kalau yang gak fahan sih yang penting sudah bisa hidup terlihat ada windows, sudah gak bakalan mempermasalahkan apa processornya, apa video grafisnya. Hehehe.....

Perbandingan antara intel dan AMD menjadi topik yang selalu menjadi pencarian dan perhatian para pengguna komputer, terutama pengguna komputer pemula tapi faham tentang spesifikasi komputer. Lalu manakah yang terbaik?

Berdasarkan hasil penelusuran berbagai hasil bachmark dan sharing pengalaman pengguna intel dan AMD sebenarnya kedua produk tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, tidak ada istilah produk jelek.

Nyatanya kedua produk tersebut, baik intel maupun AMD adalah produk yang dilahirkan dari perusahaan komputasi yang sudah berpengalaman sejak lama.

Intel yang didirikan pada tahun 1968 sudah melahirkan berbagai mama produk seperti microprocessor, chipboard, dan video grafis. Berbagai jenis penelitian dan uji coba sudah dilakukkan untuk menghasilkan produk berkualitas. Maka tak heran kalau produk-produk intel yang menjadi terlaris, teruama di Indonesia.

AMD juga demikian, meskipun sempat bersengketa dengan Intel karena dianggap meniru atau menduplikasi teknoligi micropreccor intel dan sengketa tersebut dimenangkan oleh intel sehingga berakibat AMD harus menciptakan teknologi micropreccor yang benar-benar berbeda dari intel. Tapi justru dari sinilah AMD kemudian berkembang dan melejit sehingga mampu menyaingi intel di pasar komputer dunia.

Penasaran mana yang terbaik? Intel atau AMD? Mari kita lihat
perbandingan intel dan amd

Kelebihan atau Keunggulan Intel

1. Hemat Daya
Intel memiliki kemampuan mengatur daya secara otomatis. Ketika komputer tidak digunakan, maka processor akan beristirahat atau berhenti bekerja sehingga mengurangi daya yang terbuang percuma. 

2. Tidak Cepat Panas
Inilah keunggulan dari Intel dan mungkin tidak ada pada AMD. Hampir semua processor intel memiliki kemampuan untuk mengurangi kecepatan secara otomatis ketika processor sudah terlalu panas. Tapi, tentu ini juga memberikan efek lain, karena performa dari processor menurun maka akan terjadi hang bahkan restart sendiri.

3. Intel Turbo Boost
Dengan teknologi ini maka processor mampu mengatur kecepatan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka semakin naik clock speed processor begitu sebaliknya. Namu sayang, tekonlogi ini tidak ada pada semua processpr intel. Intel turbo boost hanya ada pada intel i5 dan i7.

Kelemahan atau Kekurangan Intel

1. Harga cenderung lebih mahal
2. Untuk urusan gaming dan program 3D, intel harus menambahkan lagi kartu grafis

Kelebihan atau Keunggulan AMD

1. Harga Lebih Murah
Sejak masa dimulainya persaingan AMD dan intel, AMD menerapkan harga lebih murah dari intel. Mungkin ini juga merupakan strategi pemasaran bagaimana cara teknologi terbaru bersaing dengan teknologi yang sudah lama berkembang.

2. Unggul Dalam Urusan Grafis
Untuk urusan grafis dan aplikasi 3D AMD sangat direkomendasikan. Karena AMD memiliki efek grafis yang sagnat tajam serta detail. Itulah yang dikatakan oleh para gamer dan pegiat desain grafis bik 2D maupun 3D.

Kelemahan atau Kekurangan AMD

Konon katanya AMD lebih cepat panas dibandingkan dengan intel. Semakin lama digunakan apalagi banyak aplikasi yang dijalankan maka AMD akan mengalami panas berlebih. Namun, kekurangan ini katanya sudah diantisipasi dengan teknologi ice cooler. Sehingga kalau anda memutuskan untuk menggnakan processor AMD pastikan menggunakan cooler dengan teknologi ice cooler.

Nah itulah perbandingan antara intel dan AMD. Lalu mana yang terbaik? Baik dan tidaknya sebuah produk kembali lagi ke masing-masing orang. Karena masing-masing pengguna memiliki orientasi dan pengalaman tersendiri. Akhirnya baik dan buruk mungkin hanya bersifat subyektif. Jadi, andalah akhirnya yang memutuskan akan memilih intel atau AMD. Yang pasti, tidak ada tekonologi yang sempurna. Semuanya memiliki kekuarangan dan kelebihannya masing-masing.