Cara Memperbaiki Kerusakan Printer Epson L Series

Cara Memperbaiki Kerusakan Printer Epson L Series | Printer Epson L series seperti Epson L100, L110, L200, L210, L300, L350, L355 merupakan printer epson yang saat ini banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya yaitu sudah menggunakan sistem infus pabrikan (bukan rakitan tukang servis).

Printer epson L series dengan banyak keunggulan tersebut bukan berarti tidak memiliki masalah. Masalah-masalah atau error pada printer epson L series sudah secara umum sering dialami oleh para penggunaya. Dari berbagai masalah atau kerusakan, yang sering terjadi antara lain masalah :
  1. Ink Run Out Error
  2. End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full
  3. General Error
Nah lho, kenal gak dengan masalah-masalah di atas. Saya yakin anda para pengguna epson L series pernah mengalami salah satu masalah di atas namun mungkin kurang memperhatikan sehingga tidak mengetahui jenis masalah yang sedang dihadapi. Apalagi kalau setiap ada masalah langsung memabwanya ke tukang servis maka anda tidak akan pernah mengetahui jenis masalah printer epson L series apalagi tahu cara memperbaikinya.

Mulai sekarang ada baiknya anda memperhatikan jenis kerusakan yang terjadi pada printer epson L series milik anda karena saya juga akan membahas bagaimana cara mengatasinya atau cara memperbaikinya. Setelah membaca artikel ini diharapkan anda bisa menganalisa jenis kerusakan atau masalah printer epson L series miliki anda dan sekaligus bisa memperbaikinya sendiri. Baiklah, mari kita kenali masalahnya satu persatu berikut cara memperbaikinya.

Masalah Ink Run Out Error

Masalah ini terjadi karena pinter mendeteksi cartridge kosong atau terjadi low ink. Namun apakah benar demikian? Jangan langsung percaya dengan pesan error yang ditampilkan oleh software epson ini. Apalagi kalau anda sudah mengisi ulang (refil) tinta dengan bukan tinta original.

Masalah ini terjadi karena software tidak mampu mendeteksi tinta hasil refilan. Selain itu masalah ini juga bisa terjadi karena memang batas maksimal penggunaan tinta sudah habis. Lho kok....

Emang ada batas maksimal penggunaan tinta? Sebuah printer sudah disetting dari pabrikan berapa jumlah maksimal tinta yang bisa digunakan. Maka jika sudah sampai pada batas maksimal printer akan menampilkan pesan Ink Run Our Error.

Cara memperbaiki Ink Run Out Error

Untuk mengatasi masalah ini bisa menggunakan dua cara, yaitu reset manual dan reset otomatis. Cara melakukan reset manual sangatlah mudah, yaitu :
1. Hidupan printer sampai booting sempurna
2. Tekan dan tahan tombol resume selama kurang lebih 5  kemudian lepaskan, printer akan menunjukkan proses, tunggu sampai selesai
3. Tekan dan tahan lagi tombol resume selama kurang lebih 3 detik kemudian lepaskan, printer akan kembali menunjukkan proses dengan pergerakan cartridge dan perputasan roll.
4. Selesai

Nah itulah cara manual untuk mengatasi msalah ini, sedangkan cara otomatis bisa menggunakan softwrae resetter. Bagi anda pengguna printer epson L110 silakan download dan baca cara melakukan reset printer epson L110, download dan baca di sini.

Masalah End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full

Masalah ini terjadi karena printer sudah sampai pada batas maksimal jumlah eksemplar pencetakan. Kalau masalah Ink run out error terjadi karena sudah sampai pada batas maksimal penggunaan tinta sedangkan pada masalah ini terjadi karena sudah sampai pada batas maksimal jumlah lembar pencetakan. Printer akan menghitung berapa ribu lembar kertas yang sudah digunakan dan menyimpannya padan memeri. Nah ketika sudah sampai pada batas maksimal yang sudah ditentukan pabrik, maka masalah ini akan terjadi.

Cara Mengatasi Masalah End Of Services Life atau Ink Absorber Is Full

Untungnya pada printer L series masih bisa diperbaiki dengan menggunakan software resetter yang berfungsi untuk mereset data pada IC Eeprom. Sedangkan pada beberapa printer tidak bisa direset dengan sofware sehingga harus mengganti IC eeporm tersebut. Bagi anda pengguna Epson Lseries yang ingin mendownload software resetter silakan klik di sini.


Masalah General Error

Inilah masalah yang terberat dari printer epson L series. Masalah ini terjadi karena terjadi kerusakan fisik pada printer. Entah itu kerusakan pada motherboard, kerusakan pada roll, kerusakan pada pita data atau kerusakan-kerusakan komponen lain. Kalau printer epson L seris sudah mengalami kerusakan jenis ini maka tidak bisa lagi diselesaikan hanya dengan melakukan tekan tombol reume ataupun menggunakan sofware.

Cara Mengatasi Masalah General Error

Untuk mengatasi atau memperbaiki kerusakan printer epson L series dengan jenis general error maka mau tidak mau harus membawanya ke tukang serivis berpengalaman yang memiliki perasalatan memadai. Karena nantinya printer harus dibongkar dan harus dilakukan diagnosa dimana letak keruakannya. Keruakan ini terjadi pada komponen elektronik printer itu sendiri.

Nah demikian artikel saya tentang Cara Memperbaiki Kerusakan Printer Epson L Series, semoga bisa membantu anda para pengguna epsosn L series ketiak menemukan masalah serupa. Semoga artikel ini memberikan manfaat.