Mengenal System Operasi

Secara sederhana System operasi dibagi menjadi dua jenis yaitu system operasi yang berbasis CUI dan GUI, perbedaan mendasar kedua jenis system operasi ini adalah terletak pada tampilan (interface) dan pengoperasian, yaitu system berbasis CUI tampilannya hanya berupa teks dan pengoperasiannya melalui comment atau perintah-perintah yang di ketikan pada promt. Sedangkan system operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) tampilannya menggunakan gambar dan animasi serta pengoperasiannya dengan menggunakan mouse yaitu dengan cara mengeklik baris perintah yang sudah disusun secara rapi dalam tab-tab menu. Untuk mengetahui lebih detai tentang kedua jebis system operasi ini lanjutkan baca yang di bawah ini ya.
Sistem Operasi berbasis CUI
Tampilan pada sistem operasi berbasis CUI (Character User Interface), berupa window berwarna hitam dimana untuk menjalankan sistem operasi jenis ini, pengguna harus mengetikkan perintah-perintah pada prompt. Sistem operasi berbasis CUI yang akan dibahas disini adalah MSDOS, berikut tampilan sistem operasi MSDOS :

Gambar 1. Tampilan MSDOS.
Beberapa Fungsi dari Disk Operating System (DOS) adalah:
1) Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer.
2) Mengatur Memori.
3) Mengatur proses input dan output data.
4) Manajemen file.
5) Manajemen direktori.
Beberapa Utilitas MSDOS adalah sebagai berikut ;
1) Fasilitas Doublespace untuk mengkompresi disk dan fasilitas drivespace yang ada pada fasilitas doublespace digunakan untuk menyimpan informasi dari file yang dikompres dalam format yang berbeda.
2) Fasilitas Scandisk, Utility yang digunakan untuk mendiagnosa dan memperbaiki disk yang rusak baik yang dikompressi atau tidak, memperbaiki crosslinks dan cluster yang hilang serta memperbaiki kerusakan fisik disk.
3) Fasilitas SmartDrive, Digunakan untuk mengamankan data, dengan cara tidak menunjukkan prompt dahulu sebelum data direkam.
4) Fasilitas Diskcopy, Berfungsi untuk menyalin satu disket ke disket lainnya.
5) Microsoft Defragmanter, menata letak file dan direktori agar lebih cepat dalam pencarian file.
Sistem Operasi berbasis GUI
Merupakan sistem operasi dengan tampilan antarmuka grafis. Sistem operasi berbasis GUI menawarkan banyak fasilitas dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Secara garis besar, perbedaan sistem operasi berbasis GUI dengan sistem operasi berbasis CUI adalah dimana pengguna dihadapkan pada desktop dengan tampilan yang menarik dan segala operasi/perintah ke sistem dapat dilakukan menggunakan kombinasi klik pada mouse. Berbeda dengan sistem operasi berbasis CUI yang hampir sepenuhnya memanfaatkan keyboard untuk memasukkan perintah-perintah ke sistem.