Teknik Refill Cartrigde Inkjet Ala Wong Majenang


Sebagian dari kita pasti pernah mengalami masalah dengan printer injet. Printer lnkjet adalah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan tinta melalui lubang-lubang penyemprotan tinta (head). Lubang-lubang itu berdiameter sekitar kurang dari 0.1 milimeter. Maka itulah lubang-lubang itu mudah sekali tersumbat dengan tinta yang mengering apabila Cartridge Tinta dibiarkan diudara terbuka.

Sebgian besar masalah yang ditemukan pada printer inkjet adalah pada Cartridge. Mulai dari hasil cetak yang tidak sempurna bergaris, cetak image dengan warna yang tidak sempurna atau bahkan tidak bisa mencetak sama sekali karena tinta tidak keluar. Bagi sebagian pengguna berduit mungkin beli Cartridge bukan sebuah beban, maka ketika tinta habis yang mereka lakukan adalah membuang Cartridge ke tong sampah. Tapi bagi pengguna seperti saya, hal seperti itu sangat disayangkan. Harga Cartridge hampir setengah dari harga komputer baru. Jadi sangat sayang kalau dibuang. Jangankan baru habis yang bisa direfill lagi, yang sudah awut-awutanpun masih tetap dipertahankan.

Nah saya ingin berbagi bagaimana caranya menangani Cartridge printer yang suka ngadat ini. Penanganan pertama, penaganan saat melakukan isi ulang/refill. Saran saya bagi para pengguna printer seperti saya, Cartridge habis tintanya jangan dibuang, meski ada yang bilang Cartridge Tidak Bisa Diisi Ulang jangan percaya, itu hanya akal-akalan para penjual Cartridge biar laku. He..he…. Lalu bagaimana cara melakukan Refill yang benar?

Keberhasilan refill pada Cartridge Tinta Printer lnkjet ditentukan oleh:

1.      Penggunaan Tinta Suntik yang sesuai peruntukannya (type yang tepat).
2.      Pengisian dengan cara yang benar- seperti yang tertera pada lembaran cara mengisi (manual) yang disertakan pada setiap paket Tinta Suntik.
3.      Pengisian dilakukan pada saat isi tinta baru mulai menipis, yaitu pada saat sebelum terjadi penyumbatan pada lubang penyemprotan tinta (head)

Namun hati-hati jangan sampai terjadi kebocoran. Kebocoran tinta setelah cartridge diisi ulang dapat terjadi dikarenakan hal-hal berikut

1.       Cara pengisian yang salah
2.      Pengisian ulang terlalu banyak sehingga melampaui daya tampung Cartridge, dalam hal ini, tinta di dalam Cartridge dapat disedot kembali dengan alat penyuntiknya.

Mungkin terkadang kita juga menghadapi masalah dengan printer yang  tidak dapat mengeluarkan tinta (tidak dapat mencetak) atau sebagian warna tinta tidak keluar. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh Cartridge yang tersumbat. Cara mengatasi Penyumbatan pada lubang penyemprotan Cartridge Tinta bisa anda lakukan langkah-langkah berikut :

1.      Ambillah selembar kertas `tissue'.
2.      Basahkan kertas `tissue' dengan sedikit air hangat.
3.      Tekan atau lap kertas `tissue' basah pada head (lubang penyemprotan tinta).
4.      Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue', berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair.
5.      Bersihkanlah head (lubang penyemprotan tinta) dengan kertas `tissue' kering.
6.      Pasanglah Cartridge pada Printernya dan cobalah mencetak
7.      Apabila hasil cetak memuaskan, itu artinya Cartridge sudah normal kembali. Selamat Anda Berhasil.
8.      Apabila hasil cetak belum rnemuaskan, ulangilah cara diatas beberapa kali.
9.      Apabila hasil cetak masih belum juga memuaskan setelah 5 - 6 kali melakukan pembersihan di atas, berarti Cartridge mengalami `Penyumbatan Berat'. (Lihatlah cara dibawah untuk mengatasi `Penyumbatan Berat').

Cara mengatasi `Penyumbatan Berat' pada lubang penyemprotan Cartridge Tinta:

1.       Siapkanlah air hangat dengan suhu sekitar 60 -70 derajat Celcius.
2.      Tuangkan air hangat pada tatakan gelas atau bejana sejenis sampai kedalaman air kurang lebih 0.5 cm.
3.      Letakkan Cartridge Tinta padatatakan gelas diatas dengan lubang penyemprotan terendam dalam air.
4.      Berikan waktu sekitar 10-15 menit agar tinta yang mengering dapat mencair kembali.
Setelah itu, angkat Cartridge Tinta dan air, lalu bersihkan lubang penyemrpotan dengan kertas tissue' kering.
5.      Pasanglah Cartridge pada Printernya dan cobalah mencetak.
6.      Pencetakan mula-mula mungkin menunjukkan hasil yang agak kabur dikarenakan pada saat lubang penyemprotan direndam didalam air, ada sedikit air yang menyerap kedalam Cartridge melalui proses Osmose atau kapiler. Hal mi menyebabkan isi tinta yang berdekatan dengan lubang penyemprotan menjadi lebih encer dan memberikan hasil cetak yang agak pudar.
7.      Setelah melakukan pencetakan beberapa lembar, apabila hasil pencetakan memuaskan, kami mengucapkan selamat kepadaAnda, karenaAnda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang oleh kebanykan orang sudah mungkin dibuang.

Apabila masih tidak bisa mencetak juga, gunakan Jurus Pamungkas Memperbaiki Cartridge, yaitu sebagai berikut :
1.      Ambil uang kurang lebih Rp. 300.000
2.      Ambil kontak motor
3.      Nyalakan motor
4.      Dan pergilah membeli Cartridge Baru di toko terdekat.
5.      Pasang Cartridge Baru anda pada printer
6.      Selamat anda sudah bisa mencetak kembali.
7.      HA…HA…HA….