Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk

HTML clipboard
Aklhir-akhir ini marak dijual di toko-toko komputer laptop mini yang lebih dikenal dengan sebutan notebook. Seorang teman pernah membawa laptop mini ke rumah saya dengan keluhan error. Wah sepertinya harus dilakukan install ulang nih. Ketika diperiksana ternyata laptom mini tersebut tidak memiliki CD/DVD ROOM. Wah kacau nih, bagaimana mau nginstal kalau gak ada CD ROOM-nya. Akhirnya aku browsing di internet dan menemukan cara melakukan boot dari flashdisk

Cara Melakukan Boot Dari Flashdisk ini saya dapat dari situs yang emang sudah terkenal di bidang otak-atik komputer yaitu http://www.klik-kanan.com. Judul artikel yang ditulis di Klik-Kanan.Com adalah Cara Membuat Bootable USB Drive.

Saya baca dan praktikan dan terbukti bisa untuk melakukan instal ulang pada laptop mini. Cara membuat bootable dengan flashdisk yang dijelaskan oleh Klik-Kanan.Com cukup mudah dipahami dan dipraktikkan. Silakan sobat langsung aja baca artikel yang saya ambil dari Klik-Kanan.Com di bawah ini :

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bootable USB drive:
1. Masukkan USB drive anda ke salah satu USB port di komputer anda
2. Klik “Start” di bagian kiri bawah di layar komputer anda
3. Ketikkan “cmd” didalam window RUN untuk membuka command prompt
4. Ketikkan “disk part” kedalam command prompt dan tekan Enter. Setelah itu ketikkan “List disk” dan tekan Enter lagi.
5. Tentukan manakah dari daftar disk yang ditayangkan yang merupakan USB drive anda. (Misalnya USB drive anda berkapasitas 4GB, maka opsi dengan size 4GB itulah yang perlu anda lihat). Catat nomor yang mengidentifikasi USB drive Anda itu di kertas.
6. Ketikkan command berikut kedalam command prompt untuk melakukan format terhadap USB drive anda.
“Select disk A,” ganti “A” dengan nomor yang anda dapatkan di langkah ke 5 tadi. Tekan Enter
“Clean.” Tekan Enter
“Create Partition Memory.” Tekan “Enter.”
“Select Partition A.” Tekan “Enter.”
“Format FS=NTFS.” Tekan “Enter.”
“Assign.” Tekan “Enter.”
“Exit.” Tekan “Enter.”
7. Masukkan CD instalasi Windows XP atau Vista anda. Komputer anda akan membaca CD instalasi itu, dan sebuah window akan muncul di layar. Daftar dari semua drive yang ada akan ditampilkan disitu. Carilah huruf yang merupakan simbol dari CD-ROM serta USB drive anda. Catatlah huruf-huruf ini di kertas.
8. Ketikkan command berikut kedalam command prompt:
“B:CD boot,” ganti “B” dengan huruf yang merupakan simbol dari CD-ROM. Tekan “Enter.”
“CD boot.” Tekan “Enter.”
“Bootsect.exe/NT60 C:,” ganti “C” dengan huruf yang merupakan simbol dari USB Drive. Tekan “Enter.”
9. Copy boot information dari CD instalasi ke USB drive dengan memasukkan command berikut kedalam command prompt:
“xcopy C:*.* /s/e/f B:/,” ganti “B” dengan huruf yang merupakan simbol dari CD-ROM dan ganti “C” dengan huruf yang merupakan simbol dari USB drive. Tekan “Enter.”
Biarkan komputer melakukan copy data dari CD instalasi ke USB drive.
10. Cabut USB drive dari USB port, pasang kembali tutupnya, dan berikan label “bootable” dengan spidol. Simpan USB drive itu di tempat yang aman. Keluarkan CD instalasi Windows anda dan kembalikan ke tempatnya.

Nah itu Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk semoga bisa membantu teman-teman yang memang lagi membutuhkan teknik atau Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk.