Manfaat dan Bahaya Program Recovery Data

HTML clipboard
Sobat blogger tentu pernah mendengar kehebatan dari sebuah Program Recovery Data. Ya program ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan data yang sudah hilang ditelan bumi. Entah itu data yang terhapus, terformat atau terkena virus. Kemampuan mengembalikan data secara utuh yang dimiliki Program Recovery Data memang memberikan banyak manfaat bagi kita. 

Beberapa Program Recovery Data yang pernah saya pakai adalah Recovery Angle, Easy Recovery Professional, Stellar Phoenix Windows Data Recovery dan Accronis. Program-program ini memang memiliki kemampuan yang spektakuler, bisa mengembalikan data meskipun hardisk sudah dipartisi ulang.

Program Recovery Data memang diciptakan untuk mengembalikan data yang benar-benar hilang dari pandangan kasat mata pada komputer. Sedangkan untuk data yang tidak sengaja terhapus, hal itu masih bisa dikembalikan dengan cara yang sangat mudah. Di setiap komputer pasi memiliki Recycle Bin (tong sampah), ini berfungsi untuk menampung data yang dihapus dari drive atau folder. Selama data masih tertampung di recycle bin, maka data akan bisa dikembalikan dengan sangat mudah. Cuku cari data yang terhapus, klik kanan pada data yang ingin dikembalikan, kemudian klik restore.

Namun apabila data benar-benar hilang dari pandangan kasat mata, sebenarnya data gak hilang secara totoal, hardisk masih menyimpan di.......(saya kurang faham dengan yang satu ini). Maka kita memerlukan tool atau Software Recovery Data.Silakan sobat bisa mencoba salah satu program berikut Recovery Angle, Easy Recovery Professional, Stellar Phoenix Windows Data Recovery dan Accronis.

Itulah keampuhan dari program recovery data, tapi tahukah sobat bahwa program yang memiliki banyak manfaat ini juga bisa menjadi bahaya besar bagi kita. Kok bisa??? Bisa aja kalau program tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena kemampuannya mencari dan mengembalikan data yang hilang secara utuh, maka hal ini bisa digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan data secara ilegal. Bahkan menurut rumor ada program yang sangat canggih, bisa mengembalikan data meskin hardisk sudah menjadi kepingan rongsok.

Biasanya hal ini dilakukan oleh para hacker untuk mendapatkan berbagai file penting yang tersimpan di dalam hardisk rusak. Mungkin saja sobat pernah menyimpan barbagai macam PIN dan PASWORD dalam hardisk, kemudian hardisk tersebut rusak dan diservsi ke tukang servis, di sini tangan-tangan tidak bertanggung jawab bisa mengantongi file-file penting sobat. Atau juga pernah menitipkan data pada komputer teman, kemudian mendeletnya, nah jangan sangaka karena sudah mendelet file tersebut kemudian aman, Program Recovery Data ini bisa mengembalikan data sobat hanya dalam hitungan menit bahkan detik.

Jadi berhati-hatilah dalam mengamankan data sobat. Kalau sobat butuh Program Recovery Data untuk kepentingan positif bisa sobat unduk di internet secara bebas. Tinggal minta aja sama mbah google.