Software Gratisan Jadi Idola

HTML clipboard
Saya tanya siapa yang tidak suka barang gratisan? Semua pasti jawab saya suka. Software gratisanpun banyak jadi buruan orang. Entah itu software system operasi maupun aplikasi. Opensource menjadi pelopor dalam membagi-bagikan software gratisan, namun sayang barang gratisan yang opensource bagi-bagikan kurang diminati pengguna komputer. Contoh saja Linux sebagai produk opensource yang ditujukan untuk menandingi Microsoft, belum bisa menumbangkan monopoli Microsoft meskipun sudah menjalin kerjasama dengan Jardiknas.

Microsoft memang sudah menjadi perusahaan software yang merajai dunia komputer. Kalau kita bicara komputer maka tidak terlepas dari berbicara tentang microsoft. Sama seperti kita berbicara tentang air mineral, maka tidak bisa lepas dari kata AQUA. Karena sudah sangat familier dengan produk microsoft, baik sistem operasi maupun program aplikasi maka pengguna komputer (seperti saya) enggan meninggalkan microsoft.

System operasi dan aplikasi microsoft yang mahal tidak menghalangi para pengguna komputer untuk menggunakan produk microsoft. Meskipun tidak punya duit untuk beli software asli toh masih banyak software bajakan yang dapat digunakan secara bebas (jangan ditiru). Software bajakan akhirnya menjadi primadona atau idola para pengguna komputer. Setelah sebelumnya produk microsoft seperti windows 98, windows NT dan windows 2000 banyak dibajak orang, saat ini ketika microsoft sudah meluncurkan Windows 7, para pengguna komputer masih asyik dengan Windows XP bajakan. Didaerah saya tinggal, hampir sulit untuk menemukan orang yang menggunakan Windows asli berlisensi. Bahkan untuk kalangan bisnispun, seperti warnet hampir semua komputernya masih menggunakan Windows XP bajakan. 

Ini terjadi bukan tanpa sebab. Sebab pertama dan utama tentunya adalah System Operasi Windows asli yang super mahal. Sedangkan system operasi Windows bajakan dapat digunakan dengan biaya murah, bahkan gratis. Sedangkan baik fungsi maupun kehandalan sama dengan yang asli. Nah ini sebabnya software gratisan menjadi idola, terutama software windows yang gratisan. Karena memang para pengguna komputer belum bisa meninggalkan windosws secara total, meskipun di beberapa hal peran microsoft sudah tergantikan oleh software opensource. Salah satu contoh Internet Explorer, fungsi dari sofware borowser ini sudah tergantikan oleh Mozila Firefox

Mozila Firefox berhasil menggantikan posisi Internet Explorer selain disebabkan kehandalan dan kemudahan dalam penggunaannya, lagi-lagi alasan utamanya adalah karena Mozila bisa didapatkan secara GRATIS. Wah emang yang gratisan banyak pecintanya, gak peduli itu asli atau bajakan, yang penting enjoy aja. Bagaimana dengan anda?