Belajar Membuat Jaringa LAN Secara Sederhana


Halo sobat blogger yang hobi ngoprek komputer. Lama juga nih saya gak membahas ilmu komputer yang berkaitan dengan Jaringan LAN.

Seperti kita ketahui Jaringan LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya yang berada pada lokasi yang sama. Bisa dalam satu gedung, satu ruang atau satu kamar. Jaringan LAN dibangun dengan tujuan mempermudah para pengguna komputer dalam transfer data dan berbagai penggunaan hardaware. Contoh adalah menggunakan printer satu untuk PC lebih dari satu tanpa harus memindah-mindahkan printer ataupun kabel USB printer.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai pengalaman dalam hal belajar membuat jaringan LAN secara sederhana. Yang akan kita praktikkan yaitu cukup menghubungkan dua komputer saja. Persiapkan dulu alat dan bahan yang kita butuhkan untuk mebuat jaringan LAN.
1. Tentunya dua komputer yang hidup dengan normal dan memiliki LAN Card
2. Kebel UTP panjangnya sesuaikan dengan kebutuhan
3. Dua konektor UTP atau sering disebut konektor RJ 45
4. Tang UTP atau Tang Crimping yang berfungsi untuk memotong dan mengeset kabel LAN

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat atau mengeset kabel LAN. Caranya adalah urutkan kabel berdasarkan warna-warnan seperti di bawah ini :
Ujung I :
P/OOP/H – B – P/B – H – P/C – C.
Ujung II :
P/HHP/O – B – P/B – O – P/C – C.
Keterangan :
P/O = Putih Orange. O = Orange. P/H = Putih Hijau. B = Biru. P/B = Putih Biru. H = Hijau. P/C = Putih Coklat. C = Coklat.
Setelah kabel di urutkan berdasar urutan di atas, kemudian potong dengan rapih dengan menggunakan tang crimping, masukan ke konektor RJ 45. Perhatikan dalam memasukan kabel ke konektor RJ 45, kabel ujung kabel harus tertata dengan rata, dan saat memasukan kabel ke konektero RJ 45 posisi pengait konektor harus berada di bawah. Setelah yakin kabel masuk dengan benar dan rapi, lakukan crimping, yaitu mengepres konektor RJ 45 dengan tang crimping, agar kabel tertanam pada konektor dengan erat. Lakukan hal ini pada kedua ujung kabel UTP.

Langkah kedua masukan kedua ujung kabel UTP yang sudah di set pada konektor RJ 45 ke LAN Card pada kedua PC (komputer). Kalau lampu pada LAN Card sudah menyala, artinya sudah tersambung.

Langkah ketiga lakukan seting IP Adress. Buka menu Control Panel Windows anda (Start > Control Panel). Lalu pilih icon Network Connections. Setelah itu pilih Local Area Connection (klik-kanan > Properties) centang pada Show icon in notification area when conented hal ini agar pada saat LAN tersambung maka akan ada icon LAN pada taskbar bagian kanan (untuk mempermudah melihat apakah sudah tersambung atau belum). Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan tekan tombol Properties. Di bagian IP Address, masukkan: 192.168.1.1. Lalu tekan TAB, otomatis Subnet Mask akan berisi 255.255.255.0. Sedangkan untuk komputer pasangannya, berikan IP Address 192.168.1.2. IP Address yang berada dalam range 192.168.0.0 – 192.168.255.255 umum digunakan dalam private network atau Local Area Network (LAN). Jadi, anda bisa saja memberikan alamat 192.168.2.1 dan 192.168.2.10 pada dua komputer yang anda hubungkan. Asalkan masih dalam satu segmen, maka masih bisa saling mengenal. Untuk mengetahui apakah komputer berada dalam satu segmen – bisa dilihat dari 3 angka awal diantara titik (192.168.2). Sehingga anda tidak boleh memberikan alamat yang berbeda segmen, misal 192.168.1.1 dengan 192.168.2.2. Pada jaringan yang besar, dimana terdapat beberapa segmen jaringan, dibutuhkan sebuah router untuk menjembatani antar segmen sehingga bisa saling berhubungan.

Sampai di sini kalau semua langkah dilakukan dengan benar dan hardware dalam keadaan baik maka insya Alloh Jaringan LAN sudah berfungsi. Tinggal apa yang akan anda lakukan dengan kedua komputer tersebut. Biasanya adalah berbagi sumber data dan hardware. Contoh komputer 1 bisa mengambil data dari komputer 2 dengan cepat tanpa harus menggunakan media data lain untuk memindah, dan bisa menggunakan printer 1 untuk dua komputer. Untuk teknik ini tunggu postingan berikutnya dari saya.
Terima kasih.