Cara Membackup Registri Windows

-->
Cara Membackup Registri Windows | Untuk para pengguna system opersi (operating system) windows tentu sudah tidak asing dengan kata registri. Registri merupakan bagian penting dari windows. Semua setingan baik system, aplikasi maupun interaksi antara software dengan hardware diatur oleh registri.

Maka tidak heran kalau registri pada windows sering menjadi objek atau sasaran dari para pembuat virus. Hampir dari semua virus lokal yang saya pernah temui, selain menyerang system mereke juga menyerang registri. Virus-virus ini menyerang registri mulai dari menambah, mengurangi atau bahkan mematikan sebagian fungsi dari registri.

Nah kalau kita sudah tahu sebegitu pentingnya registri pada windows, maka alangkah bijaksananya kalau kita mengamankan registri windows kita secara dini. Mengamankan registri pada windows dilakukan dengan membackup registri windows dalam keadaan normal. Artinya pada saat windows dalam keadaan normal, pada saat itulah registri kita backup. Semisal setelah baru saja diinstal, maka kita lakukan backup registri.

Adapun cara untuk melakukan backup registri atau mengamankan registri cukup mudah dan sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut :
1. Klik tombol Start > Run.
2. Ketik regedit dan tekan Enter setelah berada didalam jendela Run.
3. Didalam Registry Editor, pilih menu File > Export.
4. Setelah Export Registry File muncul, masukkan nama file ke bagian File Name, misalnya backup-registry, tentukan lokasi drive dan folder tempat kita menyimpah hasil backupan.
5. Tekan tombol Save.

Ketika windows terjadi error, bermaslah pada registri kita sudah memiliki cadangan registri yang berjalan normal. Cara untuk menanamkan atau menggunakan file registri hasil backupan cukup mudah. Tinggal klik dua kali pada file backup registri yang sudah kita simpan. Maka windows akan memunculkan popup yang menawarkan apakah kita akan menerapkan setingan registri ini atau tidak. Klik aja “Yes” maka registri akan tertanam ke system operasi kita.

Gemana??? Mudah bukan??? Semoga bermanfaat.