Belajar Menulis Jarak Jauh Ala Jonru

Belajar Menulis Jarak Jauh Ala Jonru ini saya sadur dari Suara Merdeka Edisi Minggu, 29 Mei 2011. Seperti biasa, setiap hari Senin saya pasti akan memeriksa tumpukan surat kabar yang ada di kantor. Yang saya cari pasti adalah Suara Merdeka Edisi Minggu yang memang sudah menjadi langganan kantor tempat saya bekerja.

Pada halaman pertama Rubrik Ekspose mata saya langsung tertuju pada kata Jonru. Kenapa demikian??? Karena nama tersebut tidak asing bagi saya. Ya, dia adalah seorang penulis lepas yang sudah banyak menghasilkan karya dan mencetak para penulis baru.

Saya adalah salah satu orang yang berlangganan news letter dari dia. Banyak hal yang bisa saya pelajari dari email yang dia kirim. Yaitu bagaimana menjadi seorang penulis. Emang, saya bukan seorang penulis, tapi kegiatan ngeblog saya tidak akan berjalan tanpa adanya kemauan untuk menulis. Berikut sekilas apa yang ditulis oleh Suara Merdeka tentang Jonru.

Jonru alias Jonriah Ukur Ginting adalah seorang penulis yang sempat dibuat kecewa oleh penerbit. Sehingga kemudian dia “murtad” dari dunia tulis menulis. Iapun memilih bekerja di bidang teknologi informasi.

Namun demikian, Jonru tidak bisa menutupi mata hatinya. Pergumulannya dengan dengan intenet justru mengantarkan pada dunia menulis yang lebih luas.

Di media virtual ini Jonru semakin produktif. Dia sering aktif menulis, berdiskusi dan sharing pengalaman seputar dunia tulis menulis. Tanpa disadari, hal tersebut membuat dia semakin dikenal luas. Sejumlah kalangan menyebutnya penulis paling populer di Internet.

Seiring perjalanan waktu, kemudian Jonru membuka kursus menulis pada tahun 2007, yaitu Sekolah Menulis Online (SMO). Sebanyak 30 orang tergabung dalam SMO yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

SMO terus berkembang, dan ini menarik perhatian Oxford Couse Indonesia (OCI). OCI adalah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan Bahasa Inggris, yang kemudian mengajak kerjasama Jonru untuk mendirikan Writers Academy.

Bersama OCI, Writers Academy terus berkembang dengan membuka kelas online dan kelas tatap muka.

Berbagai materi dibuka di sini. Kiat-kiat menjadi penulis terus diberikan kepada para peserta kurus. Mulai dari fiksi sampai dengan kiat menulis untuk blogger dan internet marketter.

Itu adalah sekilas apa yang ditulis oleh Suara Merdeka tentang Jonru. Meskipun saya tidak ikut kursus online pada websitenya, tapi saya juga banyak mendapatkan pelajaran yang dia berikan melalui news letter yang dia berikan secara cuma-cuma.

Kalau anda mau belajar menulis jarak jauh ala Jonru, tidak ada salahnya untuk mengunjungi blognya dan berlangganan news letter dari dia. Kunjungi blognya di www.jonru.net.