Tips Komputer : Cara Merawat Monitor

Tips Komputer kali ini adalah bagaimana cara merawat monitor. Komponen komputer yang mungkin jarang mengalamai kerusakan adalah monitor, tapi tidak jarang juga monitor banyak mengalami trouble karena salah penanganan.

Berikut ini adalah Tips Komputer Cara Merawat Monitor yang baik dan benar agar bisa memperpanjang umur monitor dengan kualitas gambar yang tetap jernih. Masalahnya sering juga kita melihat monitor yang masih hidup tapi kualitas gambar sudah sangat buruk. Misal gambar goyang atau bergetar, gambar bergaris dan ada noda pada bagian pojok layar monitor.

Bagaimana cara merawat monitor yang baik dan benar??? Mari kita pelajari bersama.
  1. Bersihkan monitor dari debu yang menempel pada body monitor secara berkala
  2. Bersihkan kaca atau LCD monitor dengan menggunakan tisu basah apabila sudah tampak kotor. Perhatian!!! Lakukan ini dalam keadaan monitor mati dan tidak terhubung ke listrik.
  3. Jangan menaruh benda-benda yang mengandung medan magnet dekat dengan monitor. Misalnya speaker, kipas angin atau batangan besi berani.
  4. Matikan monitor terlebih dahulu sebelum mencabut kabel listrik.
  5. Jangan menaruh buku ataupun hal lain di atas monitor.

Mengapa harus demikian???
  1. Untuk menghidari masuknya debu ke dalam monitor dan mengganggu kinerja komponen-komponen monitor.
  2. Agar layar tetap bersih dan nyaman dipandang mata. Cara perawatan demikian untuk menhindari sengatan listrik yang ditimbulkan oleh layar monitor. Masalahnya ada beberapa monitor yang bisa menghasilkan listrik static dari layarnya.
  3. Untuk menhindari terjadinya gangguan terhadap tabung atau LCD monitor yang mengakibatkan rusaknya tampilan gambar. Misalnya gambar bergetar dan atau muncul seperti noda pada monitor (orang jawa bilang “ndelemok”).
  4. Untuk menghindari hentakan listrik pada saat menghidupkan kembali monitor. Jadi ini juga bsia menhemat daya listrik.
  5. Apabila hal tersebut dilakukan, akan menghambat sirkulasi udara pada ruang monitor. Akibatnya monitor akan cepat panas.

Nah itulah tips komputer cara merawat monitor yang dihadirkan oleh blog ilmu komputer dan internet pemula hari ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.