Cara Mudah Test Power Supply Komputer Hidup Atau Mati

Cara mudah test power supply komputer hidup atau mati ini memang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jangan khawatir anda yang baru tahu tentang komputer dan tidak mengerti ilmu teknik komputer juga bisa melakukannya.

Cara mudah test power supply komputer ini bermanfaat saat kita membeli power supply, terutama power supply second. Pada saat kita membeli power supply second kita bia langsung mengetes apakah power supply tersebut hidup atau matai meskipun tanpa CPU.

Selain itu Cara mudah test power supply komputer ini juga bermanfaat untuk menangani saat CPU tidak hidup ketika di tekan tombol power. Ketika tombol power ditekan tapi CPU tidak merespon, kebanyakan masalah yang terjadi pada power supply dan pada tombol CPU itu sendiri. Untuk memudahkan mengecek mana yang mati, test dulu power supply.

Bagaimana Cara mudah test power supply komputer hidup atau mati ??? Perhatikan kabel power supply yang menancap pada motherboard. Cabut kabel tersebut, perhatikan dari 20 kabel yang ada, hanya ada satu kabel yang berwarna hijau, kemudian tepat di sebelahnya kabel warna hitam.

Sekarang colokan kabel power pada jek listrik. Hubungkan kabel hijau dan kabel hitam yang bersebelahan di atas dengan meggunakan potongan kabel atau apa saja yang sifatnya konduktor. Kalau power supply hidup berarti kerusakan ada pada CPU bukan pada power, jika power supply hidup berarti power supply masih bisa digunakan.