Mengenal Virtual CD atau CD Maya

Mari kita mengenal vitual CD atau CD Maya, bukan “CD” punya mbak Maya lho, ngeres aja..... Virtual CD atau CD Maya yaitu Drive CD bayangan yang dibaca oleh komputer seolah-olah CD Room meskipun sebenarnya gak ada hardwarenya. Singkat kata, virtual CD adalah CD Room bayangan yang dibuat oleh suatu software atau perangkat lunak.

Manfaat atau kegunaan virtual CD sama persih layaknya CD Room biasa. Bisa untuk memutar CD/DVD, bermain game dan lain sebagainya.

Prinsip kerja dari virtul CD yaitu menyimpan data dari sebuah CD yang dicopy dalam bentuk image oleh software virtual CD kemudian memutarnya dalam virtual CD. Jadi, sebenarnya kita menyimpan isi keseluruhan CD yang kita copy pada hardisk kemudian memutarnya dalam virtual CD. Tapi perlu diketahui, file yang disimpan dalam virtual CD dalam bentuk image CD, jadi hanya bisa dijalankan oleh software virtual CD itu sendiri.

Beberapa software yang biasa digunakan sebagai virtual CD di antaranya adalah Virtual Daemon, alcohol 120%, CD/DVD virtual, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mencobanya silakan cari aja software-software tersebut di mbah google, banyak dan grtisan kok. Saya juga punya link milik temen saya, kalau berkenan silakan download virtual CD di sini.