Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMK/SMA Banyak Dicari

Inilah yang banyak dicari saat ini, Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMK/SMA, baik melalui media cetak maupun media elektronik saat ini. Bagi para lulusan SMK/SMA yang bisa mengakses internet, browsing di google menjadi pilihan menyenangkan untuk mencari lowongan kerja.

Setiap tahun, Indonesia menghasilkan lulusan SMA dan sederajat serta lulusan Sarjana, dari sekian ribu para lulusan tersebut pasti menginginkan pekerjaan. Yang menjadi pertanyaan, sudahkan lowongan pekerjaan yang tersedia di Indonesia mampu menyerap para pencari kerja tersebut.

Yang menjadi realita adalah, ternyata Indonesia tidak bisa menyerap tenaga kerja yang ada. Kalau setiap tahunnya ada ribuan tenaga kerja yang tidak mendapat pekerjaan, itu artinya setiap tahun bertambah pengangguran ribuan orang. Dengan kata lain, setiap ada kelulusan di situ tercipta pula para pengangguran baru.

Lebih tragis lagi para lulusan SMK, pada saat mereka masuk SMK, tujuannya setelah lulus adalah memiliki keterampilan dan mendapat pekerjaan. Kenyataan yang dihadapi sangat jauh dari angan-angan saat mereka mulai sekolah, ternyata mencari pekerjaan bukan hal yang mudah.

Kebanyakan lowongan kerja di sediakan untuk mereka para sarjana, adapaun untuk lulusan SMK paling hanya menjadi pramuniaga atau karyawan pabrik, itupun dengan system kontrak. Setiap tiga bulan sekali, mereka harus memperpanjang kontrak kerja.

Lowongan Kerja Untuk Lulusan SMK/SMA Banyak Dicari, inilah yang menjadi realita. Mampukah pemerintah menyediakan lapangan kerja untuk para lulusan SMK yang membludak setiap tahunnya. Kalau tidak bagaimana solusinya???

Mungkin saat ini eranya kita tidak lagi mencari lowongan kerja, tapi kita harus mencitakan lapangan kerja. Meskipun tidak bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, paling tidak untuk diri sendiri. Ya, berwirausaha adalah jalan keluar dari masalah ini.

Memang beriwirausaha memerlukan keberanian mengambil resiko, apalagi untuk para lulusan SMK yang tergolong pemula, mereka belum dibekali pengalaman secara nyata, jadi kemungkinan merugi di awal berjalannya usaha sangat besar.

Itulah resiko yang harus dihadapi, tapi seorang entrepreuner sejati adalah orang yang berani mengambil resiko. Kalaupun gagal, kita bisa belajar dari kegagalan untuk kemudian bangkit kembali memperbaiki kesalahan yang menyebabkan kegagalan dan kemudian meraih sukses.

Nah bagi para lulusan SMK yang mungkin berniat beriwirausaha ada baiknya mencari referensi sebanyak mungkin dan banyak belajar dari para pengusaha yang sudah sukses. Kita bisa belajar dari pengalaman mereka. Adapun jenis usaha apa yang bisa dijalan oleh para pemula, silakan baca artkel saya Tips Menciptakan Usaha Sampingan dan Macam-Macam Peluang Usha Sampingan. Semoga bermanfaat.