Modal Dasar Memulai Bisnis Online

Siapa bilang bisnis online tidak memerlukan modal. Setiap bisnis, tanpa kecuali termasuk bisnis online pasti memerlukan modal. Meskipun kita ikutan bisnis gratisan toh kita butuh biaya untuk konek ke internet.

Tapi bukan modal uang yang akan kita bicarakan. Ada modal yang lebih mendasar dan fundamental yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis online. Modal ini saya sebut sebagai Modal Dasar Memulai Bisnis Online. Apa yang menjadi modal dasar dalam memulai bisnis online???

Selain kita membutuhkan uang sebagai modal usaha, kita juga memerlukan keahlian. Seberapa besarpun modal yang anda sediakan, tapi menjalankan bisnis tanpa didasari keahlian, hasilnya sia-sia bahkan menyia-nyiakan yang sudah ada. Hal ini juga berlaku dalam bisnis online. Kalau ada yang menawarkan sebuah bisnis online bisa dikerjakan dengan tanpa kahlian sedikitpun, cukup bisa mengoperasikan komputer yang tersambung ke internet, menurut saya itu bualan belaka.

Modal dasar memulai bisnis online adalah keahlian menguasai pasar internet. Pasar internet adalah mesin pencari. Itu artinya kita memerlukan keahlian menguasai mesin pencari. Dalam bahasa kerennya adalah menguasai teknik SEO. Yaitu teknik untuk bisa mendominasi dalam hasil pencarian terhadap suatu kata kunci atau keyword pasa mesin pencari.

Karena begitu pentingnya keahlian di bidan SEO, maka kemudian muncul berbagai macam jurus SEO yang diajarkan oleh para master SEO. Ada yang menamainya sebagai SEO mabok, SEO dahsyat, SEO gendheng, dan ada yang lucu menamai teknik SEO dengan nama SEO kentut.

Dari macam-macam teknik SEO di atas pada dasarnya sama. Masing-masing mengajarkan tentang SEO on page dan SEO off page. SEO on page yaitu mengoptimasi hasil pencarian dengan melakukan sentuhan-sentuhan khusus pada blog atau web, sedangkan SEO off page adalah mengoptimasikan hasil pencarian dengan dukungan dari luar blog atau web kita meliputi submit URL ke mesin pencari dan backlink dari web atau blog lain.

Mengapa teknik SEO ini saya jadikan Modal Dasar Memulai Binsi Online.  Sebab sebagus apapun produk yang anda jual, kalau tidak muncul dalam hasil pencarian mesin pencari maka akan sia-sia. Begitu juga halnya kalau kita mengikuti bisnis gratisan semisal PPC, maka tidak akan mendapatkan hasil kalau tidak ada pengunjung yang datang ke blog kita. Sedangakan pengunjung blog sebagian besar datang dari mesin pencari. Jadi jelas teknik SEO mutalak diperlukan sebagai modal dasar dalam memulai bisnis online.

Nah, kalau mau memulai bisnis online, alangkah baiknya kita pelajari dulu teknik SEO, baru setelah kita mahir dalam bidang SEO kita mulai bisnis online. Tapi pada kenyataannya susah sekali kita belajar SEO terlebih dahulu baru kemudian terjun ke bisnis online. Paling tidak itu yang saya alami, hasrat yang cenderung terus bernafsu ingin sukses secara instan, terus memaksakan diri untuk memulai bisis online meskipun belum memiliki keahlian di bidang SEO. Hasilnya apa??? Sampai saat ini saya masih aja belum meraih sukses dari bisnis online. 

Apa anda mau seperti saya???