Peluang Usaha Sampingan

Menyambung tulisan saya kemarin tentang Tips Menciptakan Usaha Sampingan saya kembali menulis untuk melengkapi tulisan tersebut yaitu Peluang Usaha Sampingan.
Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Lebih asyik lagi, kalau usaha tersebut bisa dikerjakan secara paruh waktu atau sampigan. Jadi pekerjaan utama kita tidak terganggu, dan penghasilanpun ada tambahan. Usaha yang paling mudah dikerjakan secara sampingan adalah usaha jasa. Berikut adalah beberapa jenis usaha jasa yang bisa kita kerjakan sebagai sumber penghasilan sampingan.

1. Jasa Pengetikan dan Cetak Photo Digital
Kalau anda memiliki komputer pribadi di rumah, jangan biarkan komputer tersebut menjadi tidak produktif. Manfaatkan sebagai modal untuk menjalankan usaha sampingan. Pengetikan dan Cetak Photo Digital bisa menjadi salah satu  peluang usaha sampingan.

2. Servis Panggilan
Berdasarkan penglaman saya, masih ada banyak orang yang tidak mengerti bagaimana memperbaiki komputer meskipun itu hanya eror sedikit saja pada programnya. Kecenderungan dari mereka juga malas untuk pergi ke tukang servis, mereka menginginkan tukang servis datang ke rumah mereka. Karena dengan demikian, mereka bisa melihat langsung apa saja yang diperbaiki dari komputernya. Nah hal ini bisa menjadi peluang usaha sampingan servis komputer panggilan.

3. Kursus Privat
Banyak orang tua yang kurang puas dengan hasil belajar anaknya di sekolah. Kemudian mencari guru pendamping atau guru privat untuk mendongkrak prestasi anaknya. Ini juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha sampingan.

4. MC atau Pembawa Acara
Kalau anda memiliki bakat ngomong di muka umum, manfaatkan bakat tersebut untuk menjadi MC pada acara-acara tertentu. Bisa acara ulang tahun, pernikahan dan lain sebagainya. Usaha sampingan ini sangat menyenangkan, cuma butuh modal pinter ngomong uangpun akan mengalir ke saku anda, tidak hanya itu anda juga akan menjadi publik figur atau orang terkenal, paling tidak di kota anda.

5. Konsultan Bisnis dan Keuangan
Nyari jodoh aja ada konsultannya, kenapa bisnis dan keuangan tidak ada konsultannya. Di kota-kota besar sudah banyak orang yang terjun ke usaha konsultan bisnis dan keuangan. Emang pada kenyataanya masih banyak orang yang tidak memahami seluk beluk bisnis dan managemen keuangan, padahal mereka memiliki modal sangat besar. Nah manfaatkan momen ini untuk menciptakan peluang usaha sampingan.

Sebenarnya masih banyak banget hal yang bisa dijadikan peluang usaha sampingan, tinggal kejelian kita dalam melihat peluang aja. Namun kemudian mucul kendala, karena semakin menjamurnya usaha-usaha sampingan di bidang jasa maka saingan semakin banyak. Jangan patah semangat dengan banyak saingan. Pelanggan hanya memakai jasa terbaik, jadi berikan pelayanan terbaik kepada mereka.

Satu kunci sukes dalam bersaing Jangan Membanding-Bandingkan apalagi Menjelek-Jelekan Saingan Kita. Semakin kita menjelek-jelekan saingan kita, semakin kelihata bahawa kita tidak memiliki kemampuan jauh lebih baik dari saingan kita. Kalau pelanggan memancing utnuk membanding-bandingkan, katakan jasa saingan anda juga sangat baik, tapi yakinkan bahwa kita juga sama baiknya dengan mereka.