Tips Membeli Laptop Bekas

Membeli laptop bekas bisa menjadi solusi bagi kita yang menginginkan memiliki laptop tapi budget hanya pas-pasan. Jangan remehkan barang bekas atau second, meskipun cuma bekas bisa saja barangnya masih bagus. Tapi tidak jarang juga, laptop bekas yang benar-benar sudah mempunyai penyakit komplikasi dan kronis.

Kehati-hatian dalam membeli laptop bekas mutlak diperlukan. Untuk itulah Tips Membeli Lapto Bekas ini saya tulis, agar anda yang membaca tulisan saya ini lebih hati-hati dalam membeli laptop bekas sehingga tidak kecewa nantinya. Berikut tips yang bisa anda lakukan saat akan membeli laptop bekas.

1. Hitung Berapa Kemampuan Keuangan Anda
Ini mutlak diperlukan, dengan mengetahui kemampuan keuangan, kita bisa mengira-ngira merek apa dan spesifikasi seperti apa laptop yang akan dibeli.

2. Untuk Keperluan Apa Kita Membeli Laptop
Sesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan kerja. Laptop tersebut untuk digunakan kerja ringan, desain grafis, editing video atau untuk main game 3D dengan resolusi tinggi.

3. Cari Tahu Tentang Kelemahan Beberapa Merk Laptop
Kita bisa bertanya kepada teman atau toko komputer tentang kelemahan dari beberapa merek laptop. Misalnya dari segi baterai tahan berapa lama, apakah LCD sering bermasalah atau tidak dan lain sebagainya. Menurut informasi yang saya dapat dari berbagai artikel dan forum diskusi, laptop dengan merk HP kurang direkomendasikan. Sedangkan laptop dengan merk ASUS banyak direkomendasikan, selain barangnya bagus, harga juga tidak terlalu mahal.

4. Bandingkan Harga
Sangat penting membandingkan harga antara toko satu dengan toko lainnya. Bahkan kalau mau beli  dalam jumlah banyak tidak ada salahnya kita membandingkan harga di satu kota dengan kota lainnya. Untuk tiga kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya tidak terlalu tinggi, selisih harganya hanya sekitar 100 - 150 ribu rupiah.

5. Cek  Laptop Bekas yang akan kita beli
Perhatikan dengan seksama apakah ada cacat pada laptop bekas yang akan kita beli. Coba hidupkan, apakah ada masalah saat loading. Perhatikan dengan seksama pada LCD, masih mulus atau tidak. Cek pula charger, apakah laptop masih bisa di cas atau tidak. Pokoknya teliti dengan seksama sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop bekas.

6. Jangan Tergiur Dengan Harga Super Murah
Sebagai acuan, untuk merk-merk yang memang memiliki kualtas bagus seperti Thosiba, Sony, Apple, Dell meskipun bekas tetap memiliki harga pasar lumayan tinggi. Selain itu, spesifikasi juga mempengaruhi harga sebuah laptop bekas (Hardisk, RAM, CD/DVD, LCD, Processor). Apa gunanya beli harga murah kalau spesifikasinya rendah ditambah lagi sudah penyakitan.

7. Tanyakan Mermiliki Garansi atau Tidak
Meskipun second atau bekas biasanya toko akan memberikan garansi meskipun itu cuma 1 atau 3 bulan. Tapi ini sangat penting, untuk menhindari hal yang tidak diinginkan. Tentunya kita tidak ingin membeli laptop bekas baru dipake satu hari sudah mati total, kemudian tokonya tidak bertanggung jawab.

Begitulah kira-kira Tips Membeli Laptop Bekas agar tidak kecewa. Mudah-mudahan bermanfaat. Yang mau melengkapi silakan isi komentar pada tulisan ini.