Perbandingan Windows dan Linux

Windows dan Linux adalah system operasi komputer yan saat ini terus bersaing baik secara teknologi maupun teknik pemasaran. Windows, yang sudah lebih dahulu merajai system operasi tentu bukan hal sulit untuk menugasai pasar, namun akhir-akhir ini Linux juga semakin dikenal pengguna PC bahkan sudah banyak yang bermigrasi dari Windows ke Linux. Karena hal tersebut saya tertarik untuk membuat Perbandingan Windows dan Linux.

Dibawah ini saya berikan data tentang perbandingan Windows dan Linux :
Pembanding
Windows
Linux
Sifat
close source
open source
Kernel
tidak ada pengubahan kernel, hanya penambahan kode( SP1, SP2,dst)
selalu berkembang, rilis teratur.
Ketahahanan terhadap virus
lemah. Jumlah virus windows sangat banyak
kuat, jumlah virus linux sangat sedikit, karena keamanan yang kuat dan perkembangan kernel yang cepat.
Keamanan
lemah
kuat
Desktop
bawan windows
KDE, Gnome, LG3D, XFCE, dan banyak lagi yang lain
efek desktop
aero glass(vista)
ALGX, XGL, Beryl, LG3D
Lisensi
berbayar
gratis
dukungan hardware
semua hardware dispastikan didukung oleh windows
kurang
Aplikasi
Sangat banyak, dan mudah didapat
Banyak, namun tidak sebanyak window
Data di atas saya ambil dari http://fpmipa.upi.edu/kuliah/mod/forum/discuss.php?d=1239

Sekilas saja kita melihat data tersebut, jelas Linux memiliki banyak keunggulan. Mulai dari sifat, windows bersifat close source sedangkan Linux Open Source. Sehingga memungkinkan kita bisa mengembangkan sendiri system operasi Linux, tapi tentunya kita harus memahami bahasa pemograman.

Linux di kalaim para pegiat open source sebagai system operasi tahan banting, kebal terhadap virus. Mungkin pernyataan ini bisa benar adanya untuk kondisi saat ini, tapi mungkin bisa berubah pada kondisi di masa akan datang. Apa sebabnya???

Windows saat ini merupakan system operasi familiar, hampir semua penggunan PC tahu dan bisa mengoprasikan Windows. Tapi lain halnya dengan Linux, saat ini baru terkenal di kalangan tertentu saja, yaitu para pecinta open source, belum merambah ke pengguna awam.

Mungkin karena ketenarannya itu, Windows kemudian banyak yang menyerang. Banyak varian virus yang sengaja dibuat untuk menghancurkan Windows. Meskipun tak dapat dipungkiri, memang Windows banyak memiliki bug.

Perbandingan Windows dan Linux di atas masih sebatas perbandingan data dan menurut klaim masing-masing pihak. Kalau saling mengkalim sih, jelas masing-masing pihak mengunggulkan produknya masing. Contoh dari masalah keamanan, Windows mengaku paling aman, karena blueprint codenya merupakan rahasia dan hanya pihak dari Microsoft sendiri yang bisa mengetahuinya, lain halnya dengan Linux yang Souce Codenya bisa diketahui oleh banyak pihak.

Secara empiris (gakgakgakgak....................... kaya orang pinter aja ngomongnya.......) Berdasarkan kenyataan di lapangan, Windows tetap menjadi raja. Bahkan sudah menjadi Brand Minded, begitu orang berbicara Progaram Komputer maka yang terbayang adalah Windows. Bahkan dikalangan awam sulit membedakan program aplikasi dengan windows, pada akhirnya semua menyebutnya sebagai windows, entah itu Microsoft Office, Photo Shop, Corel dan lain sebagainya.

Bagi pengguna awam, jelas Windows sangat memberikan kemudahan. Bahkan seolah-olah, pengguna komputer dinina bobokan oleh kemudahan yang diberikan Windows. Sehingga pada akhirnya, sulit untuk bermigrasi ke Linux. Begitu berbicara Linux, yang terbayang langsung kesulitan yang diberikan Linux. Mulai dari sulit mengopeasikan sampai sulitnya memperoleh program aplikasi yang diinginkan dan compatibel di Linux.

Segitu aja deh cuap-cuapnya tentang Perbandingan Windows dan Linux. Masalah anda mau pakai system operasi yang mana, tergantung pilihan anda. Tapi setiap pilihan jelas memiliki resiko masing-masing. Pengguna Windows bajakan selalu dibayang-bayangi razia, dan beralih ke Linux pun harus belajar kembali dari nol.

Selamat menentukan pilihan...................................