Memeriksa Kerusakan Hardaware Komputer

Kerusakan hardware komputer bisa saja terjadi. Penyebabnyapun beraneka ragam. Mulai dari hardware yang memang sudah saatnya mati, cacat secara fisik, konsleting dan lain sebagainya.

Memeriksa Kerusakan Harware Komputer perlu kita ketahui caranya. Agar saat terjadi masalah pada komputer, kita bisa menanganinya sendiri. Berikut adalah cara bagaimana memeriksa hardware komputer yang bermasalah berdasarkan indikasi yang ditimbulkan.

CPU Mati Total
1.      Periksan sebuah jaringan listrik, mulai dari kabel power, jek dan kabel jaringan listrik. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Untuk memeriksanya gunakan saja test. Pen
2.      Apabila jaringan listrik normal, periksa power supply. Apakah power supply masih hidup. Untuk mengetes power supply hidup atau tidak buka artikel saya Cara Mudah Test Power Supply.
3.      Periksa kabel power yang terhubung ke motherboard. Pastikan kabel power motherboard dan kabel power processor sudah terpasang.

CPU Hidup Tapi Tidak Ada Tampilan Pada Monitor
1.      Cek kabel data monitor yang terhubung ke CPU, sudap terpasang dengan baik atau belum.
2.      Dengarkan bunyi yang ditimbulkan oleh CPU. Biasanya kalau dalam CPU sudah terpasang speaker identifikasi, akan mengeluarkan bunyi beep. Untuk mengetahui kerusakan lewat bunyi beep silakan buka artikel saya Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat Bunyi Beep.
3.      Cek kembali RAM dan VGA. Pastikan sudah terpasang dengan baik.
4.      Pastikan kabel power processor sudah terpasang. Kalau belum terpasang fan processor tidak jalan atau tidak berputar.
5.      Kalau semua sudah terpasang dengan baik ada kemungkinan kerusakan pada power supply. Yaitu output yang dihasilkan sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan daya CPU.

Terjadi Blue Screen
Blue screen adalah saat komputer hidup tapi kemudian saat akan masuk ke system operasi tidak bisa, hanya menambilkan layar biru dan serangkaian pesan error. Ini terjadi bisasanya karena kerusakan pada memory. Selain disebabkan oleh tidak stabilnya memory, hal ini juga bisa disebabkan oleh hardisk yang tidak normal. Bisa terjadi bad sactor atau kerusakan pada partisi hardisk.

Tampilan Gambar Pecah-Pecah
Kerusakan hardware yang terjadi adalah pada VGA. Coba anda lepaskan VGA dari slotnya dan bersihkan dari debu serta bersihkan kaki-kaki VGA dengan menggunakan penghapus. Setelah itu pasang kembali.

Nah inilah cara memeriksa kerusakan hardware komputer secara sederhana. Siapa saja bisa melakukannya. Jadi mulai sekarang gak perlu pergi ke tukang servis dulu, coba tangani sendiri dulu. Selain menghemat biaya bisa menambah pengalaman.