Tips Merawat Hardisk, Supaya Hardisk Panjang Umur

Tips Merawat Hardisk. Tentu anda tahu apa itu hardisk bukan. Hardisk adalah media penyimpan data pada komputer, baik itu data system, aplikasi maupun data-data dokumen anda.

Hardisk merupakan komponen penting dalam sebuah komputer, karena disitulah tersimpannya system operasi dan aplikasi dan juga data hail kerja anda. Namun, hardisk juga merupakan komponen komputer yang paling rentan terhadap kerusakan.

Tips Merawat Hardisk, Supaya Hardisk Panjang Umur, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam merawat hardisk komputer anda. Apa saja yang harus anda lakukan agar hardisk awet dan mencegah terjadinya kerusakan.

1.      Pastikan Asupan Linstrik Memenuhi dan Stabil
Musuh utama hardisk adalah listrik yang tidak stabil. Secara umum, suplai voltase listrik ke dalam sistem PC yang normal adalah antara 180-230 volt. Namun terkadang asupan voltase listrik dari PLN tidak memenuhi standar tersebut. Maka solusinya dalah kita harus menggunakan tabilizer untuk menaikkan voltase sesuai dengan tuntutan si komputer.
Kerusakan yang sering terjadi pada hardisk adalah disebabkan oleh listrik yang mati mendadak (pemadaman bergilir oleh PLN) dan voltase yang tidak memenuhi. Maka dari itu pastikan voltase listrik anda memnuhi standar yang dibutuhkan komputer.

2.      Biasakan Memataikan Komputer Secara Benar
Mematikan komputer secara benar yaitu sesuai urutan perintah yang umum. Melalui menut Shut Down atau Turn Off. Jangan mematikan komputer dengan mencabut kabel listrik, mematikan stabilizer, atau menekan tombol power pada CPU. Karena mematikan komputer dengan cara ini memberikan efek yang tidak baik pada hardisk Bayangkan saja kepingan hardisk yang sedang berputas cepat, tiba-tiba dihentikan secara paksa. Mobil yang di rem mendadak saja, bannya pasti akan mengalami aus, apalagi hardisk.

3.      Lakukan Sancdisk dan Defrag Secara Bekala
Scandisk adalah suatu program untuk mengecek dan memeriksa apakah terjadi kerusakan pada harddisk atau tidak, sekaligus memperbaikinya.
Defrag adalah untuk melakukan penataan ulang file, sektor, track, dan cluster pada harddisk sehingga terkelompok secara teratur berdasarkan logika penataan tertentu.

Demikian tips merawat hardisk, supaya hardisk panjang umur. Jika anda sedang mencari cara untuk memperbaiki hardiks yang rusak atau bahkan mati total, mungkin artikel saya ini bisa anda coba praktikkan dirumah, yaitu Cara Gila Servis Hardisk.

Semoga Bermanfaat