Penyebab Komputer Mati Mendadak dan Solusinya

Komputer mati mendadak tanpa adanya peringatan, mungkin anda pernah mengalaminya. Banyak kasus komputer mati secara tiba-tiba terjadi dengan berbagai varian. Misalkan komputer anda mati ketika baru masuk windows, mati ketika sudah beberapa saat masuk windows, atau bahkan tidak bisa booting sama sekali (ketika ditekan tombol power kemudian hidup beberapa detik kemudian mati).

Kejadian-kejadian di atas mungkin pernah anda alami seperti halnya saya pernah mengalami hal demikian. Kalau suatu saat nanti itu terjadi lagi, jangan khawatir itu artinya komputer mengajak anda menjadi orang pintar. Hehehe…. Artinya kita akan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Syaratnya janga dibawa ke tempat servis komputer, periksa dan tangani sendiri. Namun, ada baiknya saya beritahukan beberapa penyebab komputer mati mendadak. Dengan demikian kita tahu apa yang harus kita lakukan terhadap komputer tersebut.

Penyebab Komputer Mati Mendadak dan Solusinya
1.      Bisa disebabkan over heat (panas yang ekstrim)
Yang paling memungkinkan, terjadi over haet pada processor. Karena memang komputer sekarang sudah dirancang akan mati sendiri apabila suhu komputer sudah melebihi ambang batas. Batas normal panas sebuah processor adalah 65O , tapi hal ini bisa anda setting pada BIOS berapa panas maksimal yang anda inginkan. Overheat pada processor biasanya disebabkan oleh dua hal, pertama pemasangan pendingn yang tidak pas atau renggang dari processor, kedua tidak normal atau bahkan mati kipas pendingin. Lebih lanjut tentang penyebab kerusakan processor silakan anda klik mengetahui penyebab processor rusak. Selain overheat pada processor juga bisa terjadi overheat pada hardware laiannya.

Solusi :
Cek apakah pendingn processor sudah terpasang dengan baik dan benar-benar menempel pada permukaan processor. Untuk lebih memastikan ada baiknya anda copot dulu, kemudian olesi atau lapisi dengan termal kemudian pasang kembali. Selain itu pastikan juga bahwa kipas pendingin processor masih berputar dengan baik. Kalu sekiranya sudah tidak berjalan normal jangan memaksakan, secepatnya anda ganti. Selain pemeriksaan pada processor coba juga periksa pada hardware lainnya, kalau anda memakai VGA, Soun Card dan LAN add on, periksa hardware-harware tersebut. Apakah sudah terpasang dengan baik dan kalau memakai kipas, pastikan kipas masih berputar dengan baik.

2.      Kukurangan Daya Listrik
Kekurangan daya listrik ini bisa disebabkan beberap hal. Bisa jadi memang asupan daya dari PLN lagi berkurang (jarang terjadi). Kemungkinan kedua masalah ada pada power suplya yang sudah tidak lagi memberikan out put daya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh komputer. Tapi masalah-masalah seperti ini biasanya tidak bisa menyebabkan komputer mati mendadak, paling hanya restrar-restart saja tidak bisa masuk windows. Coba anda baca artikel saya tentang Penyebab Komputer Selalu Restart.

Solusi :
Kalau kekurang daya dari PLN coba anda pasang sablizer yang bagus, yang memiliki kemampuan menstabilkan daya. Saya pakai stabilizer yang harganya sekitar 500.000 an lumayan bagus, tegangan bisa selalu stabil. Kalau masalah terjadi pada power suply solusinya ganti aja deh power suplynya.

3.      Keruskan Pada Sistem Operasi
Kerusakan pada sistem operasi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari karena virus sampai pada masalah pada internet sistem operasi itu sendiri. Baru-baru ini saya baru saja memperbaiki komputer yang mati mendadak, ternyata di startupnya memang sudah dipasang program atau perintah untuk mematikan komputer. Mungkin ini bisa disebabkan oleh virus. Sebagai catatan, terjadinya crash antar device juga bisa menyebabkan komputer mati mendadak atau sekedar restart.

Solusi :
Coba anda masuk ke windows melalui Safe Mode, scan dengan anti virus terbaru (saya sarnkan pake Avira atau ESET NOD). Kalau ternyata tidak ada virus, kemungkinan adalah crash pada devicenya, coba anda masuk device manager dan periksa satu persatu, kalau ada salah satu device dengan tanda silang merah buang atau uninstall aja device tersebut. Tapi kalau sudah tidak masuk windows meskipun melalui Safe Mode jalan satu-satunya adalah install ulang sistem operasi anda.

Nah itulah penyebab komputer mati mendadak dan solusinya, semoga bisa memberikan penambahan pengetahuan dan referensi bagi anda untuk menangani komputer secara mandiri. Jangan dikit-dikit pergi ke tukang servise, selain membuat kita miskin ilmu juga bisa mebuat kempes dompet. Hehehe…

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Penyebab Komputer Mati Mendadak dan Solusinya

Terkait Penyebab Komputer Mati Mendadak dan Solusinya



10 Komentar:

sebelumnya saya pernah mengalami kejadian komputer mati mendadak, tapi sebatas hang karena minimnya RAM dan terlalu lama digunakan sehingga panas yang berlebihan. solusinya, saya sekarang sudah membelikan cooling pad dan masalah ini bisa sedikit teratasi.

benar banget mas...saya juga pernah menglamainya. Itu terjadi pada PC saya yang dual core. Awalnya bingung banget rasanya kenapa kok tiba-tiba begini, nyala normal, beberapa saat mati lagi. Saya periksa semuanya normal, kipas juga berjalan dengan normal. eh taunya colokan listrik yang ke stop kontak meleleh. Itu menyebabkan daya yang masuk gak maksimal. Hampi saja aku mau beli motherboard sama prosesor baru. setelah colokan listriknya diperbaiki, semuanya jd normal he he...salam kenal

Ah biasa aja, gak adangaruhnya, lebih baik beli baru, jadi gak pusing

wah keknya pc di rumah kena masalah salah satu diatas, thanks yah.. info nya.

kl komputer baru pie kang... begitu dinyalain trus karena blm di instal q masukin bios eee beberapa detik kemudian meninggal dunia...

Thx gan... ane lg cari info ttg hal tsb di atas... moga aja agan mendapat limpahan rizki yg barokah...

ada pc mati tanpa peringatan,dihidupkan tidak bisa selain stopkontak dicabut beberapa menit kmd dicolokin lagi baru bisa dinyalakan.pc udah masuk windows tp hnya bertahan hidup kuranglbih 5 menit,apa gerangan masalahna?

mantap nih artikel-nya, ...

Makasih bang infonya ,,berguna banget buat ane infonya,

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.