Tips Microsoft Excel | Membuat Urutan Ranking dengan Formula Rank

Membuat Urutan Ranking adalah pekerjaan rutin kita sebagai guru pada setiap akhir ulangan semester. Mungkin saya membuat artikel ini telah sekali, karena besok hari Sabtu buku laporan hasil belajar siswa sudah mau dibagikan (untuk SD). Tapi gak ada salahnya juga, toh bisa kita gunakan untuk apa saja dan kapan saja.

Cara membuat ranking ini tidak hanya dibutuhkan oleh para guru, tapi juga dibutuhkan oleh para pengolah data statistik lainnya untuk mengetahui urutan suatu data dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya.

Oke, kita gak kebanyakan basa-basinya deh. Langsung aja sekarang kita praktikkan cara membuat urutan ranking menggunakan formula rank pada microsoft excel. Ada dua formula yang biasanya kita gunakan :

=RANK(rank,ref,order)
Contoh :
=RANK(A1;$A$1:$A$40;0)
=RANK(A1;$A$1:$A$40;1)

Perbedaan dari kedua formula di atas adalah terletak pada “order” (angka 0 dan 1). Pada formula nomor 1 menunjukkan kita akan mengurutkan data yang ada pada A1:A40 dari yang terbesar ke yang terkecil. Sedangkan data formula yang kedua adalah untuk membuat ranking dengan urutan data dari yang kecil ke yang besar.

Selain itu juga perlu diperhatikan pada kode yang berwarna merah. Itu adala menujukkan Cell yang sudah di absolutkan. Caranya adalah saat kita mengetikan atau memasukann cell tersebut tekanlan Tombol “F4” pada keyboar satu kali. Maka Cell yang tadinya “A1” akan berubah menjadi “$A$1 (absolut). Fungsinya yaitu untuk mengunci data yang akan kita ranking, sehingga pada saatnya nanti kita mencopy rumus ke bawah, data akan tetap ada pada rank yang sudah kita tetapkan.

Demikian tips microsoft excel cara membuat urutan ranking dengan formula rank. Semoa bisa menambah keterampilan kita dalam mengolah data dengan menggunakan microsoft excel.

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Tips Microsoft Excel | Membuat Urutan Ranking dengan Formula Rank

Terkait Tips Microsoft Excel | Membuat Urutan Ranking dengan Formula Rank



1 Komentar:

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.