Info Virus Terbaru Malware Valentine Mengancam Facbooker

Info Virus Terbaru Malware Valentine Mengancam Facbooker - 10 Hari lagi nih suasana bulan Februari ini akan disemarakkan oleh para pemuja cinta dan kasih sayang. Ya, hari valentine yang kebanyakan dinanti oleh para remaja akan segera hadir. Nuansa valentine pun sudah mulai terasa, begitu juga halnya di dunia maya. Sayangnya, yang terasa itu bukanlah nuansa positif. Bagi para pengguna facebook, apalagi facebooker yang ingin merubah tampilan facebooknya dengan nuansa valentine, ada baiknya berhati-hati. Tapi kalau kamu ingin mengganti tema windows 7 kamu dengan tema valentine ada baiknya kamu klik di sini.

Mengapa saya memberikan peringatan kepada para facebooker tentang hal ini, tiada lain ini berdasarkan informasi yang saya terima dari InfoKomputer.Com bahwa ada Malware Valentine yang mengancam para facebooker.


alt
Baru-baru ini, Trend Micro—perusahaan keamanan terkemuka—mengidentifikasi adanya malware valentine yang mengincar pengguna Facebook di seluruh dunia. Trend Micro mengingatkan kepada pengguna Facebok agar lebih jeli dan berhati-hati ketika mengakses jejaring sosial terbesar tersebut, baik menggunakan mobile maupun via PC. 

Trend Micro menemukan adanya kegiatan clickjacking yang memanfaatkan laman Facebook untuk menjalankan aksinya. Serangan ini dimulai dengan ditemukannya sebuah postingan di wall yang berisi ajakan untuk meng-klik dan menginstal theme gratis bagi tampilan Facebook pribadi dengan nuansa khas Valentine. 

Trend Micro mendeteksi installer tersebut sebagai TROJ_FOOKBACE.A. Ketika dieksekusi, TROJ_FOOKBACE.A ini akan mengeksekusi sebuah script yang menampilkan iklan dari situs-situs tertentu.
Pengguna yang mengeklik dan menginstal melalui browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, malware ini akan dengan sendirinya akan mengarahkan pada instalasi Facebook Environment/Facebook.com yang muncul di tab kanan atas halaman Facebook pengguna. 
alt

Selanjutnya, jika aplikasi tersebut sudah terinstal, akan memantau kegiatan pengguna sekaligus mengarahkan pada sebuah halaman survei yang meminta agar pengguna memasukkan nomor ponsel. 

Bagi yang menggunakan browser Internet Explorer, tanpa harus menginstal Facebook Environment, maka pengguna akan langsung diarahkan pada halaman survei. 

Dari pantauan Trend Micro hingga saat berita ini ditulis, belum terjadi teknik pencurian data. Namun demikian, vendor antivirus asal Taiwan ini tetap memperingatkan pengguna agar berhati-hati terhadap jebakan theme gratis bernuansa Valentine ini.

Sumber : www.infokomputer.com