Membuat Aplikasi Trial Menggunakan Microsoft Excel

Membuat Aplikasi Trial Menggunakan Microsoft Excel – Aplikasi Trial? Tahu kan maksudnya, yaitu aplikasi yang penggunaan dibatasi oleh waktu tertentu. Ya, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah aplikasi yang penggunaannya dibatasi oleh waktu tertentu. Misalnya satu bulan. Aplikasi ini tidak dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman seperti delphi ataupun visual basic, tapi kita akan mencoba memanfaatkan kekuatan microsoft excel untuk membuat rumus sederhana yang berfungsi untuk mebatasi penggunaan sebuah aplikasi/rumus.

Contoh kita akan membuat sebuah aplikasi Buku Kas dengan Saldo Berjalan. Nah biar tidak perlu mengulang pemabahasan tentang membuat rumus saldo berjalan, silakan anda bukan artikel saya sebelumnya tentang membuat rumus saldo berjalan.

Dari contoh aplikasi buku kas tersebut, kita akan membatasi penggunaanya misalnya hanya sampai dengan 1 Maret 2012. Caranya sangt mudah tinggal kita lengkapi rumus yang sudah ada dengan rumus untuk membuat expaired/trial.

Ikuti langkah-langkahnya sebgai berikut :
1.      Buat atau ketik tanggal 1-3-2012 pada sel tertentu. Klik kanan pada sel tertentu, pilih Paste Spesial, pilih Value, klik OK. Nah sekarang didapat nilai atau value dari tanggal tersebut adalah 40969. Angka inilah yang akan kita buat untuk membuat rumus expaired.
2.      Buka aplikasi buku kas dengan saldo berjalan yang sudah dibuat. Masuk pada rumus saldo, tambahkan di depan rumus yang sudah ada rumus sebagai berikut : IF(TODAY()>40969;"SALAH"; sehingga rumusnya menjadi seperti ini : =IF(TODAY()>40969;"SALAH";IF(OR(C2<>0;D2<>0);SUM(C$2:C2)-SUM(D$2:D2);0)). Maksud dari rumus tersebut adalah, jika tanggal hari ini lebih besar dari 40969 (1 Maret 2012) maka “SALAH” jika lebih kecil maka menjalankan rumus saldo berjalan.

Nah mudah bukan membuat rumus expaired. Tujuan dari penggunaan rumus expaired ini sama dengan penggunaan pada aplikasi-aplikasi trial. Yaitu agar pemakai membeli aplikasi full version dari kita. Jadi aplikasi yang kita buat hanya sebagai sampel saja.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bukankah rumus pada microsoft excel mudah dirubah oleh siapa saja. Betul, makanya kita juga harus melindungi cell yang berisi rumus tersebut agar tidak mudah untuk dirubah oleh user. Bagaimaa caranya? Kita lanjutin besok aja ya. Hehehe....