Masalah Komputer Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar di Monitor

Langkah-Langkah Servis Komputer Mandiri
Masalah :
Komputer hidup dengan ditandai kipas PSU hidup, Led Power menyala, Fan Processor hidup tapi tidak menampilkan gambar apaun pada monitor. Monitor hanya berkedip-kedip saja. Masalah apa yang terjadi dengan komputer seperti ini?

Langkah-Langkah Pengecekan dan Solusinya :
1.      Cek kabel yang menghubungkan monitor dan VGA, pastikan terpasang dengan baik.
2.      Cek daya listrik, pastikan memenuhi daya untuk sebuah komputer (220)
3.      Cek out put daya yang dihasilakan PSU. Lihat tabel out put yang ada pada PSU (sudah diklasifikasikan berdasarkan warna kebel) cek satu persatu apakah masih sama dengan tabel yang tersedia.

Kemungkinan Masalah :
1.      Masalah pada daya listrik
Kemungkinan masalah pada daya listrik juga bisa mengakibatkan masalah seperti di atas. Saya sudah menemukan dua kasus yang sama, dan ketika dicek daya listrik yang dihasilkan hanya mencapai 180, jelas ini kurang dari standar minimal daya untuk komputer. Hal ini biasaya terjadi disebabkan adanya isntalasi listrik yang kurang baik. Misalkan kabel yang digunakan tidak memenuhi standar instalasi listrik yang baik (kabe terlalu kecil).
2.      Masalah pada output PSU
PSU atau Power Supplya yang sudah tidak normal terkadang menghasilkan out put daya yang tidak stabil atau bahkan down. Ini menyebabkan tidak bisa mengangkat komputer untuk hidup secara normal.
3.      Masalah pada VGA dan Memori
Kasus komputer seperti di atas juga sering diakibatkan trouble pada memori dan VGA. Apabila motherboard anda dilengkapi speaaker indikator, akan lebih memudahkan anda untuk mendeteksi kerusakan apa yang terjadi. Tapi akan menjadi masalah kalau motherboard anda tidak memberikan indikotor apapun.

Solusi / Pemecahan Masalah:
1.      Perbaiki instalasi listrik di rumah anda.
Apabila yang terjadi adalah masalah pada daya listrik yang tidak mencukupi, coba anda perbaiki intalasi listrik di rumah anda. Tapi juga perlu memperhatikan alat elektronik apa saja yang ada dirumah anda. Apabila listrik anda hanya 450 kemudian banyak alat elektronik yang anda pakai, saya sarankan naik daya aja.
2.      Ganti Power Supplu / PSU
Apabila sudah dipastikan bahwa PSU yang bermasalah langsung ganti aja dengan yang baru. Karena memperbaikinya juga akan sia-sia. Jarang sekali komponen-komponen PSU tersedia di toko elektronik.
3.      Lakukan Pertolongan Pertama Pada Memori dan VGA
Apabila anda menjadikan memori dan VGA sebagai tersangka utama dari masalah komputer di atas, jangan langsung lakukan eksekusi (dibuang ke tong sampah), hehhe… Coba lakukan tindakan penyelematan terlebih dahulu. Angkat memori dan VGA anda, kemudian bersihkan kakai-kakinya menggunakan penghapus sampai terlihat mengkilap lagi. Pasang kembali pada slotnya. Apakah ada hasil? Biasanya akan ada hasil.

Artikel perbaikan komputer ini terinspirasi oleh pertanyaan seorang sahabat bernama Indra yang bertanya kepada saya via SMS ke nomor yang tersedia di blog ini. Dari hasil dia ngoprek hasil akhirnya adalah komputer bisa hidup kembali tapi gambar pecah-pecah dan saat login windows komputer hang. Nah, ini sudah dapat dipastikan bahwa yang rusak adalah VGA. Nah, apabila anda mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh mas Indra di atas, coba lakukan langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat.

Pembahasan Lebih Lengkap Mengenai Servis Komputer baik Hardware maupun Softwae, Klik Di Sini

Ebook Teknisi Komputer Best Seller

belajar komputer

Masalah Komputer Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar di Monitor

Terkait Masalah Komputer Hidup Tapi Tidak Menampilkan Gambar di Monitor



12 Komentar:

kebetulan komputer desktop sy ge kyak gini nih, makasih udah kasih saran,,,

masalah seperti ini paling sering saya alami sobat dan yang paling sering diganti adalah RAM nya sobat yg troble, biasany karena listrik tiba-tiba padam dan hdd jadi kaget..

sring bgt di komputer ane yg kyk gtu...

mantap..langsung dicoba..

mantap,,bener banget gan,,aku pernah ngaaminnya,,,cpu nyala tapi monitor tetep gak da gambar,,ternyata masalah daya ya,,thanks ya

gan, CPU ane normal jalan, monitor ada yg aneh, ketika pencet power CPU awal mula monitor nyala biasa tulisan motjerboard terus windows,, nah setelah tulisan gambar windows ini tiba tiba layar blak item,,

@pekalongan

Itu sih masalah di OS-nya mas, coba masuk safe mode bisa gak? kalau gak bisa, coba INUL aja tuh OS-nya, hehehe

Komputer saya udah hidup seperti biasa selepas mencubanya..
Makasih ya !!

.kalo lampu pada CPU nya ga nyala,gimana tu gan??

gan kalo saya lagi maen tiba2 restar sendiri terus ada bacaan dan gak masuk2 *lupa lagi bacaan apaan*
udah gitu ane restar lagi eh monitornya malah ga nyala
ada solusi??

@Anonim
Coba cabut memorinya dan bersihkan kemudian pasang kembali, atau silakan baca artikel saya Penyebab komputer selalu restart

Ini ke 2 kali ngalami ini, untungnya hr ini ga lngsung ane bawa tmpt servis. Krn mo ane jual ane bongkar dulu bwt dibersihin, eh trnyata saat mo cek balik normal lagi :D makasih gan sarannya.

Poskan Komentar

Lebih indah tanpa pornografi dan lebih bijak tanpa SPAM.