Menghubungkan Komputer Dengan Televisi


Ada kalanya kita merasa tidak puas dengan layar monitor yang kurang lebar terutama pada saat menonton film kesayangan di komputer atau laptop. Mungkin anda memiliki banyak koleksi film-film favorit di komputer atau laptop anda dan ingin menontonnya pada layar yang lebih lebar.

Nah, solusnya adalah menghubungkan komputer dengan televisi. Sistem kerjanya yaitu mengganti monitor biasa dengan layar televisi. Namun tentu, televisi yang digunakan harus sudah mendukung teknologi HDMI (Hight Devinition Multimedia Interface). Yaitu sebuah teknologi multimedia tingkat tinggi yang mendukung gambar dengan resolusi tinggi.

Untuk bisa menghubungkan komputer ke TV kita harus memiliki sebuah koneksi output video khusus (bukan VGA biasa). Dua alternatif yang bisa kita gunakan adalah koneksi HDMI dan DVI. Fasilitas ini biasanya sudah terintegrasi pada kartu VGA keluaran terbaru atau komputer dengan motherboard keluaran terbaru.

Jika pada komputer anda tidak memiliki koneksi HDMI dan DVI maka solusinya adalah menggunakan konverter VGA to HDMI atau DVI. Namun sayang, untuk membeli konverter seperti ini harganya hampir sama dengan kita membeli kartu VGA yang sudah memiliki fasilitas HDMI. Jadi, saran saya lebih baik membeli kartu VGA bru saja. Untuk bisa membedakan koneksi HDMI atau DVI silakan anda lihat gambar di bawah ini.
Langkah-Langkah Cara Menghubungkan Komputer Dengan TV
- Matikan komputer Anda. Carilah port seperti yang terlihat pada gambar di atas.

- Hubungkan kabel HDMI dari televisi Anda ke komputer. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat menginstal adapter yang tepat atau konverter untuk komputer Anda. Kecuali, jika komputer Anda memiliki output HDMI, maka kabel juga harus dihubungkan dari output kartu suara ke kabel video HDMI atau adapter. Hal ini disebabkan karena HDMI dapat menangani baik sinyal video maupun sinyal audio.

- Boot komputer Anda dan lakukan konfigurasi dengan cara memilih ‘Control Panel’ dari menu ‘Start’. Klik dua kali ikon ‘Display’ lalu klik tab ‘Setting’. Manual untuk HDMI TV akan menyajikan list daftar resolusi layar yang didukung – yang dilengkapi juga dengan kecepatan refresh. Lakukan pengaturan resolusi di tab ‘Setting’ kemudian klik tombol ‘Advanced’ untuk menyesuaikan kecepatan refresh yang diinginkan. Jika Anda menggunakan HDMI TV sebagai monitor kedua, maka Anda harus melakukan pengaturan dan mencocokkannya dengan Windows. Berdasarkan instruksi yang biasanya ada di kartu video.kebanyakan kartu video menawarkan mode ‘Clone’ atau ‘Mirror’, dimana di kedua layar akan menampilkan konten yang sama. Dengan mengaktifkan mode ‘Extended Desktop’, maka masing-masing komputer akan dapat beroperasi secara independen dan bergantian.

- Reboot komputer Anda dan kemudian Anda dapat bersenang-senang menonton video kesayangan Anda pada televisi layar lebar.
Demikian cara menghubungkan kompter dengan televisi, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk para pembaca. Selamat bersenang-senang dengan komputer layar lebar anda. Hehehe…