--> Cara Mengembalikan Data CD/DVD yang Rusak | Panduan Servis Komputer dan Laptop

Panduan Servis Komputer dan Laptop adalah cara memperbaiki berbagai kerusakan atau error yang terjadi pada komputer ataupun laptop yang menyangkut software maupun hardware, cara memperbaiki komputer rusak, cara memperbaiki windows error, cara memperbaiki aplikasi error, cara memperbaiki printer rusak

11/08/2012

Cara Mengembalikan Data CD/DVD yang Rusak

| 11/08/2012
Cara Mengembalikan Data CD/DVD yang Rusak - Anda mungkin memiliki banak data yang tersimpan dalam cakram data (baik CD maupun DVD). Mungkin anda memiliki backup data penting dalam CD/DVD tersebut. Ya, sebagian orang ada yang melakukan pengamanan data dengan cara membackupnya pada CD/DVD bengan berbagai macam alasan. Salah satunya karena hardisk sudah penuh kemudian mengosongkan hardisk dengan memasukan datanya pada CD/DVD. 

Bagaimana jadinya kalau niat mengamankan data malah berbuah petaka. Misalnya CD/DVD mengalami kerusakan. CD/DVD memang rentan dengan kerusakan. Bisa karena tergores, kotor atau jamuran. 

Jika kedua hal di atas terjadi, data terancam hilang. Namun jika kondisinya tidak terlalu parah, kita masih dapat menyelamatkannya. Cara mengembalikan data CD/DVD yang rusak yakni dengan menggunakan program data recovery khusus untuk CD/DVD yang banyak tersedia (termasuk untuk keping data bara semacam Blu-ray). Yang gratisan ada, yang berbayar juga tersedia.

Program aplikasi recovery data CD/DVD gratisan yang bisa kita gunakan salahsatunya adalah CD Recovery Toolbox Free. Anda bisa mengunduhnya di www.oemailrecovery.com.  Jika sudah selesai didownload, silakan instal file installernya yang bernama CDRecoveryToolBoxFree Setupexe (berukuran 650Kb).

Setelah terinstal, jalankan aplikasi dari menu Start sambil memasukkan CD/DVD yang akan diselamatkan ke dalam tray CD/DVD drive. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela utama pada layar. Secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi data yang ada di dalam cakram data tersebut. Pilih nama CD/DVD yang muncul dalam layar program, lalu klik [Next].
Mengembalikan Data dari CD/DVD Rusak Image

Pada jendela berikutnya, “Target directory”, tentukan folder untuk menyimpan data hasil penyelamatan dengan mengklik ikon bergambar folder di atas menu “Source drive”. Cari dan pilih folder simpan pada jendela Browse For Folder, lalu klik [OK]. Pastikan informasi di “Source drive” dan “Target drive” sudah benar. Klik [Next] lagi.

Program akan mendeteksi isi dalam CD/DVD, baik itu file maupun folder. Anda bisa menyelamatkan semua data yang ada dengan mencentangi direktori optik atau klik [Check All]. Jika hanya ingin menyelamatkan beberapa data saja, hilangkan centang di direktori drive optik, lalu centangi folder atau file yang dihendaki. Klik [Save].


Proses penyelamatan data akan ditunjukkan dengan munculnya jendela “Restore log” dan proses yang menunjukkan file-file yang sedang diambil kembali. File yang berhasil diselamatkan akan ditandai dengan keterangan “saved’ berwarna hijau. Jika gagal, ia akan berwarna merah.             


Pada tahap terakhir akan muncul keterangan semua file yang berhasil diselamatkan kembali dari cakram data yang rusak. Akhiri dengan mengklik [Exit], lalu periksalah folder dimana anda tadi menyimpan hasil recovery apakah sudah terisi file yang berhasil diselamatkan.
Mengembalikan Data dari CD/DVD Rusak Image

Menggunakan CD Recovery Tool Box adalah cara termudah mengembalikan data CD/DVD yang rusak. Ternyata tool recovery data CD/DVD ini sangat membantu kita dalam mengembalikan/ menyelamatkan data yang tersimpan di cakram data CD/DVD yang telah rusak.

Related Posts