Tips Microsoft Excel | Merubah Angka Menjadi Teks Terbilang

Anda yang sehari-hari bekerja dengan microsoft excel mungkin pernah membuat sebuah kwitansi menggunakan microsoft exel. Nah, ketika kita membuat kuitansi seperti biasa ada angka nominal dan teks terbilang. Kebanyakan dari kita cara ini dibuat secara manual, yaitu kita ketik angkanya kemudian kita ketik teksnya. Hal ini benar dan sah-sah saja. Namun sebenarnya ada cara yang lebih cepat dan tentunya mengasyikan, karena kita bisa bermain-mani dengan kode-kode rumus pada microsoft excel.

Secara default sebenarnya microsoft excel tidak memiliki fungsi merubah angka menjadi teks seperti fungi-fungsi yang lainnya misal, IF, SUM, AVERAGE, VLOOKUP, HLOOKUP dan lain sebagainya. Namun dengan sedikit sentuhan pada visual basic, kita bisa membuat fungsi merubah angka menjadi teks pada microsoft excel. Bagaimana caranya? Mari kita ikuti langkah-langkahnya sebgai berikut.

Tutorial Cara Merubah Angka Menjadi Teks Pada Microsoft Excel
1. Munculkan terlebih dahulu menu Developer pada tab menu ribbon. Silakan klik Office Button (budaran pojok kiri atas), klik Excel Option, Klik Popular, centang pada Show Developer Tab in the Ribbon. Hasilnya akan muncul menu baru pada tab menu ribbon seperti gambar di bawah ini.

2. Sekarang silakan anda klik menu yang baru saja kita buat yaitu menu Developer. Klik Visual Basic. Lihat gambar di bawah ini.

3. Maka akan muncul Microsoft Visual Basic, silakan klik Insert, Klik Module. Sehingga muncul lembar modul baru seperti pada tampak pada gambar di bawah ini.

4. Silakan download kode program untuk merubah angka menjadi teksi di sini. Buka filenya kemudian copy paste pada lembar module yang sudah kita buka di atas. Kemudian tutup Microsoft Visual Basic.

5. Ketikan fungsi =konv(cell angka) pada microsoft excel. Misal, angka yang akan kita konversi menjadi teks berada pada cell A1 maka rumusnya menjadi =kovn(A1). Enter.

6. Selesai

Nah, untuk selanjutnya ketika kita ingin merubah angka menjadi teks lagi, tinggal lakukan aja mulai dari langkah nomor 4, yaitu copy paste kode ke visual basic. Semoga bermanfaat.